Parenting dibikin gampang aja
Cuma butuh cinta dan senyum.
Parenting jadi mudah,
kalo kita saling dukung!
Parenting dibikin gampang aja
Cuma butuh cinta dan senyum.
Parenting jadi mudah,
kalo kita saling dukung!

“Kasian nanti bayinya masuk angin…”

yBedong, gurita, minyak telon, untel-untelan selimut, minyak kayu putih dan baju tebal adalah keseharian para bayi. Bener gak? Padahal bukan musim salju. Dan enggak ada musim salju di Indonesia. Alasannya selalu; masuk angin.

Apa iya sih gitu?

Kalau kata Dokter Spesialis Anak, dr Arifianto SpA, penggunaan minyak-minyakan pada bayi memang tradisi. Sudah turun temurun dilakukan pada bayi-bayi kita. Rasanya kurang lengkap kalau habis dimandikan enggak dikasih minyak telon. Tapi apa iya bener bisa mencegah kembung?

Perut kembung bayi

Jadi begini, definisi kembung pada bayi itu subjektif. Apa sih ciri-ciri bayi kembung? Perut buncit? Perut “dung dung”? nah, tahu kan bahwa struktur perut bayi memang tampak buncit, tapi tidak berarti kembung penyakit. Bahkan bunyi “dung dung” aja masih wajar karena isinya ASI, Makanan dan udara. Yang enggak wajar itu kalau perut membuncit disertai muntah hijau berulang akibat sumbata saluran cerna.

Memberikan kehangatan

Iya, minyak telon dan sejenisnya memang memberikan kehangatan. tetapi, tidak jarang bayi dengan dermatitis kontak (alergi kulit, akbat hipersensitif) akibat minyak telon. Kulit bayi kadi kering, merah, bahkan sampai mudah luka. Betul, karena tidak cocok dengan penggunaan minyak atau kosmetik bayi lainnya. Meski niat orangtuanya baik, bayinya yang enggak cocok.

Bayi suka dingin

Tahu gak? Kadang orangtua memiliki kekhawatiran berlebihan. Justru bayi senang dengan cuaca dingin, lho. Ia akan banyak berkerngat ketika memakai pakaian dalam dan luar (2 lapis). Bayi yang mempunyai kecenderungan “biang keringat” akan menjadi tidak nyaman karena gatal akibat beruntusan. Tapi, kalau memang cuaca hujan dan dingin banget, ya dipakaikan baju lengan Panjang dan celana Panjang saja sudah cukup.

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email

2 Responses

  1. Sore dok, kalau ibu menyusui bayi usia 1 minggu, ibu boleh minum air dingib tdk dok? Katanya kalau minum air dingin nanti bayinya kembung, apakah benar dok?

    1. Halo bunda, mohon maaf kami belum mendapatkan respon dari dokter Apin untuk spesifikasi jawaban ini. Tapi dicoba jawab ya bun. Menurut Aimi ASI, tidak pengaruh bu. Itu hanya mitos. Bisa dibaca lengkap di website aimi ASI ya bun tentang mitos2 menyusui..selamat menikmati masa-masa menyusui

Leave a Reply

Your email address will not be published.