Parenting dibikin gampang aja

Cuma butuh cinta dan senyum.

Parenting jadi mudah

Kalo kita saling dukung!
c

Celengan Transparan

Masih ingat bentuk celengan jaman dulu?

Celengan ayam yang sangat legendaris. Dulu saat saya masih kecil, agak membingungkan untuk bisa menebak jumlah uang yang terkumpul. Karena celengan ayam ini terbuat dari keramik dan berat. Jadi cukup sulit untuk bisa mengetahui berapa banyak dan berapa berat jumlah uang di dalam. Namun karena celengan ini yang dibelikan oleh orang tua, ya tidak pernah protes. Terima saja dan terus menabung.

Sekarang saatnya kita menjadi orang tua. Celengan apa yang anda belikan untuk anak anda?

 Mungkin bentuknya seperti celengan di atas. Apakah ada yang salah?

Menurut penelitian yang dilakukan di Amerika, ditemukan fakta bahwa sebagian besar anak kecil (80%) adalah visual. Maka akan lebih baik apabila anak-anak dapat melihat langsung apa yang sedang dikumpulkan di dalam celengan daripada hanya menebak-nebak sebanyak apa uang yang sudah dikumpulkannya.  Jadi langkah pertama adalah mengganti  celengan berbentuk lucu di atas menjadi celengan transparan seperti ini

Konsep menabung adalah menjelaskan bahwa uang bertumbuh dan bertambah banyak. Mengajarkan anak balita yang masih sangat visual untuk menabung di celengan tertutup akan menghilangkan konsep bertumbuhnya uang secara perlahan. Dengan membelikan celengan transparan, anak Dapat melihat secara langsung bagaimana uang dapat sedikit demi sedikit menjadi banyak. Sehingga anak akan lebih bersemangat untuk terus menabung. Namun Jangan lupa, jelaskan untuk apa dan mengapa harus menabung.

So, parenting is easy !  Semudah membelikan anak anda sebuah celengan transparan

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email

Leave a Reply

Your email address will not be published.