Parenting dibikin gampang aja

Cuma butuh cinta dan senyum.

Parenting jadi mudah

Kalo kita saling dukung!
Memilih-SD-1200x800

Hal penting dalam memilih SD

Januari, adalah bulannya pendaftaran sekolah sudah jelang tutup. Atau bahkan sudah mulai tutup. Artinya, sudah mepeeet nih. Bagi ayah dan bunda yang anaknya sudah berusia 6 tahun sekarang, sudahkah daftar? Sudahkah menentukan pilihan? Kalau masih ada waktu, dan masih galau, kami punya nih tips dari psikolog.

Jadi, menurut Psikolog dari Klinik Rainbow Castle, Devi Sani M.Psi, hal-hal yang penting diingat dalam memilih SD amat bergantung pada kebutuhan anak dan orangtua. Karenanya, sebelum memilih, ajukan beberapa pertanyaan ini pada diri sendiri saat memilih sekolah untuk anak:

Pertama; Apakah di masa depan anak ada rencana untuk berkuliah atau SMA di luar negeri? Jika iya, negara mana? (pastikan memilih sistem sekolah yang tidak berbeda jauh dengan negara yang akan dituju, untuk memudahkan transfer nilai nantinya dan ujian persamaan)

Kedua; Berapa biaya yang bisa kita keluarkan untuk pendidikan anak? Jadi, kita sudah tahu sendiri berapa kemampuan kita sejak awal.

Ketiga; Bagaimana perbandingan guru-murid? Ini penting lho, karena anak yang belajar di kelompok kecil menunjukkan konsentrasi yang lebih baik dan lebih positif memandang sekolah.

Keempat; Sekolah ini terkenal dengan prestasi apa? Apakah club englishnya bagus? apakah club basketnya menjuarai kejuaraan nasional? apakah ada program pertukaran pelajar? pilih yang sesuai dengan KEBUTUHAN dan MINAT anak kita disertai dengan visi misi kita sebagai orangtua mengenai pendidikan anak.

Dari mana kita bisa mengetahui kebutuhan anak kita? observasi dan jalin hubungan yang erat dengananak sehingga kita tahu apa kesukaannya, apa kelebhan dan kekurangannya. Oh iya, kita juga bisa melakukan tes IQ untuk lebih memahami kekuatan anak dari segi kognitifnya.

Nah, setelah memertanyakan hal itu pada diri sendiri. Pertimbangkan juga hal-hal berikut:

Kriteria sekolah yang baik

  • Jumlah siswa di dalam kelas

Idealnya, dalam satu kelas tidak lebih dari 18 murid untuk 1 guru. Mengapa kelas kecil lebih baik? Sebab dengan murid yang lebih sedikit, guru menghabiskan waktu yang lebih sedikit untuk mendisiplinkan dan lebih banyak waktu untuk mengenal murid, memberi perhatian, dan anak berinteraksi dengan cara yang lebih positif dan kooperatif.

  • Bentuk interaksi antara siswa dan guru

Kualitas sekolah yang baik salah satunya dengan penggunaan strategi yang engaging secara intelektual oleh guru. Termasuk didalamnya melemparkan masalah kepada siswa, memberi pertanyaan yang thought-provoking, mendiskusikan ide anak, tidak langsung menampik dan menambah kesulitan pada tugas anak.

  • Setting fisik sekolah

Ruang terbagi dala aktivitas-aktivitas yang juga memiliki alat proses belajar membaca, menulis, bermain Bahasa dan berhitung, eksplorasi sains, bekerja proyek Bersama, penggunaan computer dan meliputi tujuan akademik lain. Ruang yang ada cukup fleksibel untuk digunakan sebagai proses belajar individual, kelompok kecil atau kelompok kelas besar bergabung.

  • Evaluasi kemajuan

Evaluasi kemajuan siswa berkala melalui observasi tertulis dan hasil kerja murid. Evaluasi kemajuan yang baik bisa membantu anak murid merefleksi kerja mereka dan bagaimana cara meningkatkannya. Juga sebagai bahan refleksi guru dalam meningkatkan cara mengajar.

  • Hubungan sekolah dan orang tua

Guru memunculkan partnership dengan orang tua. Adanya pertemuan berkala dan meng-encourage orang tua untuk mengunjungi kedalam kelas kapan saja untuk mengobservasi dan melakukan volunteer.

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email

Leave a Reply

Your email address will not be published.