Parenting dibikin gampang aja
Cuma butuh cinta dan senyum.
Parenting jadi mudah,
kalo kita saling dukung!
Parenting dibikin gampang aja
Cuma butuh cinta dan senyum.
Parenting jadi mudah,
kalo kita saling dukung!
4th_of_july

Lawan 1 miliar virus Hepatitis dengan vaksin!

Tau gak? Dalam satu milliliter darah seseorang yang terinfeksi Virus Hepatitis B (VHB) bisa mengandung satu miliar virus. Selain berada dalam di dalam darah, virus ini juga dapat hidup pada suatu benda (objek) selama 7 hari.

Ngeri ya? Makanya, penyakit Hepatitis B tidak hanya ditularkan melalui kontak dengan darah orang yang terinfeksi Hepatitis B, Seperti melalui tranfusi darah, penggunaan obat suntik (narkoba), pemakaian tato di kulit, bayi baru lahir yang tertular ibunya, dan hubungan seks saja.

Terkadang, penularan bisa melalui cara yang tak terduga, seperti penggunaan bersama pisau cukur, sikat gigi, atau handuk.

Pentingnya vaksin hepatitis B

Mengingat risiko penularan Hepatitis B yang kadang tidak terduga dan mayoritas penderitanya tidak menunjukkan gejala awal, Vaksin Hepatitis B penting diberikan di Indonesia.

Awalnya, Vaksin Hepatitis B hanya diberikan kepada kelompok masyarakat yang beresiko tinggi tertular VHB, Misalnya saja, tenaga kesehatan dirumah sakit, pasien cuci darah (dialysis), dan pengguna narkoba suntik. Strategi tersebut digunaka di Amerika Serikat pada 1980-an. Namun ternyata risiko penularan juga bisa terjadi pada kelompok masyarakat tidak beresiko sehingga strategi tersebut tidak berhasil.

Angka kejadian (insiden)Hepatitis B tidak mengalami penurunan, walaupun imunisasi sudah berlangsung selama 10 Tahun. Akhirnya, strategi pun diganti dengan memberikan imunisasi Hepatitis B kepada bayi sejak baru lahir. Apabila program imunisasi ini berjalan baik dan cakupannya tinggi, diharapkan penyakit Hepatitis B dapat musnah dalam satu sampai dua generasi mendatang.

Apa sih penyakit hepatitis B?

Virus Hepatitis B – seperti namanya- spesifik menyerang organ hati. Sebagian besar orang yang terinfeksi VHB tidak mengalami gejala penyakit hingga bertahun-tahun setelah pertama kali virus masuk ke dalam tubuh orang tersebut. Mayoritas orang terdiagnosis VHB dalam bentuk sakit kuning (HEPATITIS), sirois hati, atau kanker hati (karsinorma hepatoselular)

Bagaimanakah gejalanya?

Pada bayi dan anak-anak infeksi VHB tidak bergejala. Namun pada 7 dari 10 remaja dan dewasa yang mengalaminya, terdapat gejala-gejala seperti demam, nyeri sendi dan perut, mual, muntah, tidak nafsu makan,air seni berwarna gelap, serta kulit dan mata berwarna kuning.

Kapan imunisasi Hepatitis B diberikan?

Imunisasi Hepatitis B diberikan dalam waktu 12 jam setelah bayi lahir dan menjadi imunisasi paling awal yang diterima seorang bayi. Ikatan dokter anak Indonesia merekomendasikan pengulangan Vaksi hepatitis B pada usia 1 bulan dan 6 bulan. Sedangkan kemenkes merekomendasikan imunisasi ulang bersamaan dengan imunisasi DPT dan Hib (dalam bentuk suntikan kombo) pada usia 2 bulan, 3 bulan, dan 4 bulan.

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email

Leave a Reply

Your email address will not be published.