Parenting dibikin gampang aja

Cuma butuh cinta dan senyum.

Parenting jadi mudah

Kalo kita saling dukung!
Seberapa-Pentingnya-Paud

PAUD, penting gak sih?

Ayah dan bunda yang anaknya sudah menginjak usia 2,5 tahun pasti sudah mulai memertimbangkan untuk masuk PAUD- preschool ya? Tapi ngalamin gak sih, terkesima ketika lihat tuition fee dan biaya-biaya lain yang mengiringinya? Sekolah Cuma tiga kali seminggu kok fee nya kaya mahasiswa kampus negeri ya? Hehehe..

Sebenernya PAUD itu penting banget gak, sih? Sampai harus bayar mahal-mahal. Sebegitu urgent nya kah, mengikutsertakan anak dalam preschool?

Tergantung kebutuhan keluarga

Psikolog anak dari klinik Rainbow Castle, Devi Sani M.Psi pernah membahas terkait hal ini. Menurutnya, penting atau tidak tentu saja semua kembali kepada keadaan keluarga serta kebutuhan masing-masing anak yang tidak bisa kita sama ratakan. Misalnya saja untuk anak yang hanya berdua dengan Asisten Rumah Tangga (ART) di rumah kemudian ART tersebut kurang memahami cara mengoptimalkan tumbuh-kembang anak dengan baik. Tentunya sekolah mulai di usia 2.5 tahun ke atas menjadi pilihan yang lebih baik. 

Memang sih, ada penelitian juga yang mengatakan; secara garis besar, pendidikan prasekolah membantu perkembangan anak dalam beberapa bidang di kemudian hari. misalnya; Prestasi akademik, kesiapan anak masuk sekolah, Perkembangan emosional dan perkembangan sosial. Karena sudah terbiasa dengan lingkup yang banyak orang dan bergaul setiap hari.

Kebutuhan anak usia dini

Nah, tetapi apakah anak usia dini membutuhkan PAUD untuk mengembangkan prestasi dan kemampuan sosial emosionalnya? American Academy of Pediatrics (AAP) menyebutkan bahwa pendidikan dini yang berkualitas sangatlah penting dalam membantu perkembangan dan proses pembelajaran anak. Pendidikan usia dini ini mencakup pengalaman anak di rumah, pengalaman anak di daycare, dan pengalaman anak di lingkungan prasekolah.

Artinya, Pendidikan yang dibutuhkan anak tidak harus melalui PAUD ya. Kalau ada orang tua nya dirumah, atau Pendidikan dirumahnya memadai, maka, tidak wajib memasukkan anak ke PAUD.

Kualitas Sekolah

Menurut Devi, kualitas sekolah tidak diukur pada mahal atau tidaknya. Sebab, mahal atau tidaknya sekolah tentu tergantung pada pilihan orangtuanya. “Saya melihat banyak sekolah dengan kualitas yang sama tapi harganya bervariasi, padahal kulitasnya sama-sama bagusnya,” ujarnya.

Inilah pentingnya trial sebelum memasukkan anak ke sekolah dan kita mengantar sendiri ketika anak tersebut melakukan trial, sehingga kita tahu bagaimana guru dan staf sekolah lain merespon perasaan, pemikiran serta perilaku anak kita. Belum tentu yang mahal itu bagus ya.

Biarkan anak melakukan observasi terlebih dahulu sebelum benar-benar terlibat didalam kelas baru. Berikan kesempatan anak untuk mengamati dari sudut kelas dahulu untuk melihat bagaimana flow aktivitas berlangsung.

Misalnya mengikuti trial class terlebih dahulu atau diajak berkeliling sekolah beberapa hari sebelum hari pertama masuk. Anak akan merasa nyaman ketika diberikan waktu untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. Ketika sudah nyaman, akan lebih mudah bagi mereka untuk lebih membuka diri dengan hal-hal baru disekitarnya.

Namun, hal ini berlaku untuk preschool ya. Sebab, untuk TK tentunya semua anak disarankan dengan kuat oleh pemerintah untuk mengikutinya.

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email

Leave a Reply

Your email address will not be published.