Parenting dibikin gampang aja

Cuma butuh cinta dan senyum.

Parenting jadi mudah

Kalo kita saling dukung!

Pekerja seni ≠ Karier ≠ Uang

Kata siapa?

Kata orang-orang … (jaman dulu)

Duh, jangan terpaku dengan omongan orang, buktikan dan cek dahulu kenyataannya (jaman now)

Pekerja seni yang akan saya bahas dalam tulisan ini adalah seorang penari muda yang sukses, beliau adalah guru tari anak saya. Namanya Gianti Giani atau terkenal dengan sebutan Ms Gigi. Ms Gigi memiliki bakat menari menurun dari sang ibu, seorang penari tradisional Sunda. Gigi menyukai tari sejak dari umur 4 tahun, dan terus menekuni bidang seni tari sampai beranjak SMA. Beruntung sang ibu memahami bakat anaknya, dan menyekolahkan Gigi ke sekolah seni Lasalle College of the Arts, Singapore.

Apa jadinya jika sang ibu berpikiran bahwa bakat menari tidak akan bisa menjadi karir dan menghasilkan uang? Mungkin Ms Gigi tidak akan sesukses sekarang, memiliki ratusan penari yang bergabung dengan Gigi Art OF Dance, memiliki studio tari yang oke di daerah Pondok Indah, berhasil mengadakan dance performance di Ciputra Jadi pola pikir dan pengetahuan seorang ibu, sangatlah menentukan arah Pendidikan untuk anak-anak nya. Menjadi ibu yang berpikiran terbuka, mencari informasi sebanyak mungkin, dan mempersiapkan jenjang Pendidikan tentunya juga persiapan uang Pendidikan anak menjadi factor utama dalam menentukan masa depan anak.

Biaya sekolah seni apakah mahal? Sebagai permulaan, biaya untuk les menari beragam, tapi tidak juga mahal berlebihan. Di beberapa anjungan TMII, banyak yang menawarkan les tari tradisional, biaya nya pun terjangkau. Dengan latihan seminggu 2x, biaya les sekitar 150rb per bulan. Sedangkan untuk les tari di studio tari , biaya nya sekitar 300-400 per bulan. Jadi untuk mengembangkan bakat seni anak, bisa dimulai dari hal kecil dan biaya kecil ini. Apabila memang anak menyukai, serius, dan berbakat. Artinya sebagai orangtua, sudah mulai memikirkan jenjang Pendidikan berikutnya. Sebagai patokan, apabila ingin menyekolahkan anak di Lasalle College of Arts, Singapore. Biaya nya berkisar antara 25.000 SGD – 30.000 SGD per tahun  (biaya ini masih di luar biaya hidup). Jadi apabila mengambil program diploma selama 3 tahun, biaya kuliah total sekitar 90.000 SGD = 900.000.000 IDR . Karena biaya nya tidak murah, maka persiapan perencanaan biaya Pendidikan wajib dilakukan sesegera mungkin.

Karier yang bisa dilakoni setelah anak mempelajari seni, ternyata beragam lho. Tidak hanya melulu menjadi seorang penari, tapi bisa juga menjadi seorang jurnalis kritikus pertunjukan tari/ seni, bisa menjadi ahli spesialis dance injury, bisa mendirikan studio tari, bisa menjadi guru tari, bisa mengerti tata busana dan koreografi pangung tari.

Semoga dengan informasi ini, para ibu dapat lebih memahami bakat anak, kemudian mempersiapkan dana pendidikannya sejak dini.

Parenting is easy.  Just open your eyes, mind, and heart to see what your children really want.

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email

Leave a Reply

Your email address will not be published.