Parenting dibikin gampang aja

Cuma butuh cinta dan senyum.

Parenting jadi mudah

Kalo kita saling dukung!

Penting Gak Sih Menyekolahkan Anak Sejak Dini ??

Halooo .. euphoria tahun ajaran baru masih berasa yaaa Ayah/Bunda, pasti beberapa dari kita sempat kebingungan atau bahkan galau dalam memilih sekolah. Kali ini aku akan bahas mengenai baby class atau Toddler Class atau Sekolah untuk anak dibawah 3 tahun. Di kota-kota besar pasti sudah enggak heran lagi kalo semakin banyaknya sekolah untuk anak dibawah 3 tahun atau Batita. Enggak jarang beberapa orang sering bertanya “penting gak sih sekolah/ kegiatan baby class?, “Ada manfaatnya gak untuk anak?”,”Hah, sekolah untuk batita? belajar apa ya?”. 

Sebagai psikolog, saya pernah mengunjungi beberapa tempat Daycare atau sekolah untuk anak bayi  sampai dengan anak dibawah 3 tahun. Secara psikologis anak usia bayi sampai dengan tiga tahun memiliki kebutuhan yang sangat besar untuk mendapatkan kesempatan mengeksplor lingkungan di sekitarny, mendapatkan pengalaman baru secara sensori, interaksi dua arah dan juga kegiatan-kegiatan yang dapat melatih ketangkasan anak. Hal-hal inilah yang akan membantu mengoptimalkan perkembangan anak usia bayi sampai dengan 3 tahun. 

Lalu apakah perlu diikut sertakan dalam kegiatan khusus, atau sekolah ?. Tentunya pada tahapan usia ini  anak belum memiliki kebutuhan untuk sekolah karena masih terlalu kecil/muda, selain itu ketahanan duduknya masih kurang “artinya anak usia batita belum mampu duduk dalam rentang waktu yang lama”. Lalu apa yang akan dilakukan oleh anak jika mengikuti kegiatan baby class atau Toddler Class?. Kegiatan baby class atau Toddler class memberikan kegiatan kegiatan stimulasi dini melalui kegiatan bermain secara klasikal/bersama-sama sehingga “terkesan” seperti sedang sekolah. Kegiatan baby class atau toddler class baik untuk mengasah kemampuan interaksi sosial anak yang menyenangkan. 

Jadi apakah penting mengikutsertakan anak ke dalam kelas atau kegiatan tersebut?hal ini dapat menjadi pilihan bagi setiap orang tua. Kegiatan yang diberikan di dalam baby class atau toddler class merupakan kegiatan yang sederhana dan dapat dilakukan di rumah, namun kadang orang tua tidak terampil untuk memberikan stimulasi bagi anak di rumah, atau terbatasnya waktu bagi orang tua karena bekerja. Jadi bagi orang tua yg sekiranya kurang memiliki banyak waktu untuk berinteraksi dgn anak, merasa kurang terampil dalam memberikan stimulasi atau bermain kegiatan baby class/toddler class dapat menjadi alternatif bagi anak. Jika orangtua memiliki banyak waktu luang dan ingin menstimulasi anak di rumah juga sah-sah saja. pada dasarnya kegiatan yang disajikan dalam baby class/toddler class dapat dilakukan di rumah  melalui kegiatan sehari-hari. Contohnya : memasukkan bola ke dalam keranjang, meremas adonan tepung/playdough, memindahkan kacang dari mangkuk satu ke lainnya, dan lain sebagainya. 

Jadi semoga tulisan ini dapat memberikan pemahaman lebih mengenai konsep sekolah untuk batita ya.  Selamat bermain bersama anak !

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email

Leave a Reply

Your email address will not be published.