Parenting dibikin gampang aja
Cuma butuh cinta dan senyum.
Parenting jadi mudah,
kalo kita saling dukung!
Parenting dibikin gampang aja
Cuma butuh cinta dan senyum.
Parenting jadi mudah,
kalo kita saling dukung!
images (1)

Perkembangan Anak itu Unik dan Tidak Seragam

Setiap orangtua pasti ingin anaknya berkembang dengan baik, yang dimaksud baik disini adalah anak berkembang sesuai dengan kemampuan anak seusianya. Namun, hal ini sering menjadi pergunjingan antar orangtua khususnya para bunda dan memicu “mom petition” dimana ibu mulai membandingkan dan menilai perkembangan anak satu dengan lainnya ada yang merasa unggul dan juga ada yang merasa down atau stres karena buah hati belum mampu begini, begitu dan melakukan ini dan itu.
Menurut ilmu psikologi setiap individu adalah unik, artinya berbeda antara satu dengan yang lainnya dan tidak bisa disamakan. Namun, biasanya bunda tidak betul-betul memahami makna dari keunikan masing-masing anak. Lalu apakah teori perkembangan/milestone tidak bisa menjadi acuan perkembangan anak?. Tentunya teori perkembangan dapat digunakan sebagai acuan perkembangan anak, namun yang harus diperhatikan disini Bunda harus benar-benar mengerti bahwa setiap anak berbeda-beda kecepatan dalam berkembang dan kemampuannya. Seringkali Bunda mengungkapkan “kok, si A 11 bulan sudah berjalan, anak ku tidak?”, dll. Situasi seperti ini hanya akan membuat Bunda merasa tidak puas dengan perkembangan yang sudah anak capai dan kemudian menimbulkan rasa insecure. Ketika bunda merasa insecure tentunya pola pengasuhan sehari-hari menjadi tidak optimal dan bahkan tidak dilakukan dengan baik karena kecemasan yang mengganggu.

Mulai hari ini saya ingin mengajak setiap orangtua untuk lebih bijak dan mampu memiliki pemahaman terhadap kondisi anak dan embrace apa yang sudah mampu anak lakukan saat ini. Jika ada yang masih belum optimal maka jangan putus asa, dan terus berusaha memberikan yang terbaik dan selalu mengutamakan kenyamanan dan kebutuhan anak. Proses perkembangan merupakan perjalanan panjang yang tantangannya berbeda-beda dan tidak bisa diseragamkan. Ada anak yang mudah untuk beradaptasi di lingkungan baru, ada juga yang butuh waktu lama untuk beradaptasi, ada yang tidak mengalami GTM di 1 tahun pertama, namun untuk sebagian anak lainnya sulit makan sejak Mpasi. Ketika orangtua mampu menghadapi dan menikmati perjalanan tumbuh kembang anak dengan lebih positif tentunya akan membuat sikap dan perhatian yang lebih optimal terhadap anak. Ketika anak belum mencapai sesuatu maka berikan support, latihan dan kesempatan kepada anak sehingga menjadi lebih baik. Afirmasi terhadap diri bunda juga membantu Bunda untuk bisa bersikap lebih positif ketika menghadapi permasalahan dalam perkembangan anak, dan komentar atau penilaian yang orang lain sampaikan.

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email

Leave a Reply

Your email address will not be published.