Previous
Next
Mencegah-puser-bodong-dengan-koin

7 Fakta Pertumbuhan Bayi Baru Lahir

1. Berat badan bayi baru lahir akan turun dalam 5 hari pertama

Berat badan bayi yang turun ini biasanya akan kembali ke berat lahir pada usia 7-10 hari. Kenapa? Sebab berat lahir sesungguhnya kelebihan cairan tubuh, yang akan dihilangkan perlahan-lahan dalam beberapa hari berikutnya.

Percepatan berat kemudian terjadi lagi pada usia 3-6 minggu. Rata-rata berat bayi naik 20-30 hgram per hari sehingga pada usia 1 bulan, beratnya mencapai 4,5 kg. tinggi badannya juga bertambah 4,5-5 cm dalam bulan ini. Tapi, pola pertumbuhan ini sifatnya individual antarbayi dan dipengaruhi oleh faktor nutrisi juga genetik, ya.

2. Lingkarkepala bertambah dari sekitar 35 cm menjadi 38 cm dalam 1 bulan

Pertambahan lingkar kepala ini penting, karena menggambarkan pertumbuhan otak. Bayi yang lahir pervaginam kadang memunyai bentuk tempurung kepala yang tidak simetris, atau kadang disertai lebam/jejas akibat vakum/forceps, dan akan menghilang sendiri dalam satu sampai dua minggu.

Perlahan-lahan rambut di kepala pun akan rontok sampai kadang sebagian tampak botak, tetapi digantikan dengan rambut yang baru.

3. Postur tubuh meringkuk akan menjadi tegak perlahan-lahan

Postur meringkuk ketika awal lahir masih seperti di dalam kandungan, tetapi akan berubah bertahap menjadi tegak, kok. Bayi juga kadang merenggangkan tubuhnya sampai melengkungkan punggungnya.

Kedua tungkai tampak semakin tegak, tetapi berputar ke dalam dan memunculkan posisi bengkok. Keadaan ini akan menghilang sendiri saat berusia 1-2 tahun.

4. Wajah ditumbuhi jerawat atau bisul kecil saat berusia 4-5 minggu

Jerawat atau bisul ini disebabkan oleh rangsanga terhadap kelenjar minyak di kulit oleh hormon ibu yang melewati plasenta saat hamil. Keadaan ini dapat diperberat oleh iritan yang mengenai kulit bayi, seperti pakaian yang dicuci menggunakan deterjen dan adanya alergi terhadap kosmetik bayi.

5. Telapak tangan dan kaki mudah teraba lebih dingin

Dibandingkan bagian tubuh lainnya, telapak tangan dan kaki memang mudah teraba lebih dingin. Hal ini disebabkan pembuluh darah yang mudah mengerut di daerah ini akibat respons terhadap suhu lingkungan. Kadang bahkan telapak tangan atau kaki dan kuku terlihat biru saat udara dingin. Lalu kembali menjadi merah dengan segera ketika diselimuti/dihangatkan.

6. Thermostat tubuh yang mengatur suhu bayi belum bekerja baik

Thermostat ini fungsinya mengatur suhu naik (demam) atau membuat tubuh menggigil kedinginan. Nah, ketika bayi di usia awal kehidupan, thermostat tubuhnya belum bekerja baik. Jaringan lemak juga cenderung berkurang dalam satu sampai dua bulan pertama.

Karena itu, orang tua harus mengetahui cara mengenakan pakaian bayinya secara tepat. Pakaikan pakaiian hangat saat udara dingin dan kenakan cukup pakaian yang tipis saat udara panas.

7. Tali pusat akan puput dalam 10 hari-3 minggu

Ketika puput, akan meninggalkan bekas kehitaman tanpa luka atau cairan merembes. Lakukan perawatan tali pusat (sebelum puput) secara kering dan bersih (gunakan kapas yang dibasahi alcohol untuk mengusapnya). Jika tali pusat yang sudah puput tidak mengering dan masih luka setelah dua minggu, segera konsultasikan ke dokter.

Share this post

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print