Previous
Next
Mudah-Pilek-1200x600

ANAK SEJAK MASUK SEKOLAH JADI MUDAH PILEK?

Salesma atau batpil adalah penyakit yang umum dialami oleh setiap anak, dan bahkan wajar jika anak mengalami 6-8 kali periode salesma sepanjang tahun. Sakit pada anak, kebanyakan penyebabnya adalah karena kuman yang masuk. Artinya ada infeksi yang bisa virus, bisa bakteri.

Dan hal ini biasanya lebih banyak dialami anak-anak yang sehari-harinya berinteraksi dengan banyak anak lain. Misalnya di sekolah, atau daycare. Makanya, yang paling penting, kalau lagi sakit, sebaiknya tidak usah masuk dulu.

Mengurangi penyebaran kuman

Namun jika tak terhindarkan, minimal pengelola sekolah mengurangi pola penyebaran kuman, ke anak-anak lainnya. Misalnya dengan menjaga kebersihan mainan dan sarana-pra sarana sekolah. Sebab, mainan sangat mudah menjadi media penyebaran kuman. Karena itulah, mainan harus dicuci secara berkala.

Selain itu, jika anak-anak harus berinteraksi dalam ruangan yang sama, ajarkan mereka cara mencuci tangan sebersih dan sesering mungkin. Untuk anak yang sudah agak besar pun bisa diajarkan untuk mengenakan masker.

Pola hidup sehat menjaga daya tahan

Karena pada dasarnya penyakit datang karena saling tular menular, maka dimanapun dan kapanpun, anak-anak bisa terkena kuman tersebut. Meski tidurnya cukup atau makannya baik.

Meskipun, secara umum, anak yang nutrisinya baik, daya tahan tubuhnya pun otomatis akan menjadi lebih baik. Sehingga tidak mudah terkena penyakit

Nah, anak yang cukup tidur, kebutuhan istirahatnya akan terpenuhi dan daya tahan tubuh akan menjadi lebih baik. Begitupun anak yang terbiasa mengonsumsi makanan sehat.

Mengingat tidak ada vitamin yang terbukti meningkatkan daya tahan tubuh, maka, berikut ini tips agar anak tidak mudah sakit:

  1. Anak harus dibiasakan dengan pola hidup sehat
  2. Biasakan juga mencuci tangan sesering dan sebersih mungkin
  3. Konsumsi makanan yang matang
  4. Jika masih menggunakan dot, jangan pernah lupa sterilkan botol dot dengan baik
  5. Diajari, kalau sedang sakit, sebaiknya tidak bercampur dengan anak-anak lain atau mengurangi interaksi.

Share this post

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print