Previous
Next
sibling-rivalry

Apa itu Siblings Rivalry ?

Halo, kali ini kita akan membahas tentang beberapa kasus yang seringkali ditemui oleh ayah/bunda khususnya relasi antara kakak dan adik. Apa, sih? Itu lho, ketika seorang kakak merasa cemburu melihat perlakuan atau perhatian kedua orang tuanya mulai terbagi kepada adiknya. Pada umumnya hal ini mulai terlihat ketika seorang anak  (pertama) yang mengalami perubahan peran ketika adiknya lahir. Sibling Rivalry menurut Cholid (2004) adalah perasaan permusuhan, kecemburuan, dan kemarahan antar saudara kandung, kakak atau adik bukan sebagai teman berbagi tapi sebagai saingan. Di dalam Siblings Rivalry ternyata terkandung : Konflik, Perasaan Cemburu, dan Kekesalan.

Dengan kelahiran adik baru seorang anak balita merasa senang karena akan memiliki teman bermain, namun ternyata ada juga perasaan was-was seperti: “Aku pengen adiknya perempuan aja”, “kenapa?” “supaya adik gak rebut mainan ku”. Hal ini menandakan ada kecemasan dalam diri anak saat menyambut adiknya, ia mulai berpikir dan melihat konflik yang mungkin akan terjadi setelah adiknya lahir.  Bagi seorang anak menerima kelahiran adik baru merupakan masa yang sulit yang harus ia lewati. Perasaan cemburu juga akan ia rasakan setelah adiknya lahir, biasanya akan muncul pertanyaan atau pernyataan “kok bunda gendong adik terus?”, “aku mau kaya adik dipeluk bunda, dan nangis”, “bunda, sayang kakak gak?. Anak melihat dan mampu menilai bahwa fokus dan perhatian orang tuanya mulai terbagi tidak lagi kepada dirinya.  Biasanya perhatian lingkungan berfokus pada dirinya, apa yang ia lakukan, ia kenakan dan lainnya. Namun, dengan keberadaan adik baru yang memang membutuhkan perhatian ekstra, menyita fokus ayah dan bunda. Selain itu, biasanya akan muncul perilaku kekesalan seperti perubahan sikap anak menjadi lebih membandel,  tidak mendengarkan orang tua, bahkan karena balita tidak berdaya memberikan perlawanan kepada orang tua akan memungkinkan ia melampiaskan pada adiknya seperti: menggangu, membuat nangis, dan lainnya.

Wah, ternyata siblings rivalry ini akan dialami oleh setiap anak yang menyambut kelahiran adiknya. Hal ini merupakan proses kehidupan dari seorang anak dalam menjalani perubahan peran, tentunya tidak mudah tetapi harus ia lalui dengan baik. Oleh karena itu penting bagi orang tua untuk mempersiapkan anak dalam menyambut kedatangan adik baru. Dengan mempersiapkan anak, diharapkan anak mampu mengantisipasi perubahan, perasaan dan menyesuaikan perilakunya. Ia juga diberikan pemahaman, bahwa kasih sayang orang tua tidak akan berubah setelah adiknya lahir. Hal ini dapat membuatnya merasa aman, dan bergembira menyambut kelahiran sang adik baru.

Share this post

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print