Previous
Next
21-sept-17.00-Artikel-baby-bouncer-aman-gak-ya-222-1200x1200

Baby bouncer, aman enggak ya?

Apapun produknya, pasti ada kontroversi nya. Pasti ada pro dan kontra.

Nah, dari sisi keamanan, baby bouncer memang enggak se-bahaya baby walker. Namun, ada juga kejadian kecelakaan bayi ketika ditinggal di bouncer. Karena itu, penting banget ayah dan bunda pelajari dulu kebutuhan dan seberapa penting-nya keberadaan si bouncer ini.

Pilih yang paling cocok dan menurut orang tua, paling aman, paling menguntungkan dan paling baik buat anaknya. Betul? Kan tiap anak beda-beda.

Batasi waktu

Sebenarnya, bouncer adalah produk yang cukup aman untuk bayi. Namun, hal penting yang wajib diperhatikan orang tua adalah lamanya anak berada di atas bouncer. Jadi, American Association of Pediatrics (AAP) memperingatkan bahwa bayi yang terlalu lama dan terlalu sering diletakkan di atas bouncer punya kecenderungan mengalami flattened head syndrome (kepala peyang).

Anak yang terlalu lama dan terlalu sering diletakkan di bouncer pun biasanya jadi mudah Lelah, malas bergerak, tetapi tidak tidur dan ini malah menggaggu waktu tidur siang atau tidur malamnya. AAP sendiri enggak punya rekomendasi Batasan waktu anak boleh berada di bouncer, tapi kira-kira paling lama 20 menit lah ya, anak boleh diayun-ayun di bouncer.

Oh ya, jangan biarkan anak ketiduran di bouncer ya! Posisinya kan enggak telentang..

Ngedot di baby bouncer

Nah ini yang paling bahaya. Ya, sebetulnya meninggalkan bayi sambil ngedot sendirian dimanapun juga beresiko ya. Apalagi kalau di baby bouncer. Apalagi jika anak ngedot lalu ketiduran. Duh, posisinya bisa melorot dan lehernya bisa tercekik pengait.

Bermanfaat?

Ada dong manfaatnya. Apalagi kalau dirumah sendirian tanpa asisten atau anggota keluarga lain. Ada saatnya ibu harus ke kamar kecil, atau harus masak, meninggalkan bayi di baby bouncer akan sangat membantu.

Atau letakkan baby bouncer di hadapan ibu ketika harus beraktivitas lain, juga menyenangkan. Sebab anak digoyang-goyang seperti diayun dalam dekapan, ada pengait yang aman agar anak tidak berguling.

Tetapi harus ingat, baby bouncer memang bisa menjaga agar anak tidak terjatuh. Namun bukan berarti ditinggal lama dan enggak diawasi yaaa..

Share this post

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print