Previous
Next
Nyanyian

BALIK BUGAR #ABISLAHIRAN

Keluhan ibu-ibu nih sesaat setelah bayinya lahir biasanya adalah berat badan. Gimana enggak, berat badan selama hamil naik 10kg, pas baby lahir 3kg – nah giliran nyusuin nambah extra 5kg lagi! Kapan kurusnya inih? Bener gak nih pas cuti melahirkan selesai, baju kerja masih muat dipake? Jangan-jangan kerja minjem kemeja suami lagi! Gawaaattt

Tapi kalau mau mulai olahraga kok rasanya ada aja penghalangnya. Bekas jaitan paska melahirkan masih nyut-nyutan, payudara rasanya bengkak melulu, harus mompa ASI terus menerus, rasanya sudah terlena dengan kondisi kamar dan selalu merasa kurang istirahat, jadi mendingan leyeh-leyeh aja dst dst

Sebenarnya niat yang bulat dan konsistensi bergerak adalah kunci kembali bugar. Nah mau mulai darimana nih olahraganya?

  1. Awali dengan mengenali diri sendiri, apakah ada bagian tubuh yang setelah melahirkan masih terasa sakit atau tidak nyaman?
  2. Waktu yang cukup aman untuk kembali berolahraga  adalah 4 minggu setelah Ibu melahirkan normal, atau 6 minggu setelah operasi. Konsultasikan dengan obgyn akan lebih baik
  3. Jenis jenis olahraga yang bisa dilakukan sebagai step awal adalah : senam kegel, jalan santai, angkat beban
  4. Semangati diri sendiri dengan menggunakan baju olahraga kesayangan. Ingat, sugesti positif sangat membantu proses memulai olahraga
  5. Jika badan Ibu sudah siap, nah boleh deh balik ke gym dan memulai program pelangsingan tubuh. Perlu diingat bahwa kondisi tubuh setelah melahirkan dan saat menyusui tentu akan jauh berbeda dari sebelum kita hamil ya BU. Jadikan sehat dan bugar sebagai proses yang menyenangkan

Nah, bagaimana kalau ngumpulin semangat buat memulai olahraga. Jangan lupa ajak suami juga buat bergerak bersama biar lebih semangat!

Share this post

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print