Previous
Next
Bawa-Bekal-Sehat-Yuk-1200x915

Bawa Bekal Sehat, Yuk !

Dibulan  April ini kita memperingati hari bawa bekal, apakah Ayah dan Bunda sudah tahu?. Pada tahun 2013 lalu pemerintah sudah menetapkan tanggal 12 April sebagai hari bawa bekal. Kira-kira kenapa ya bawa bekal itu penting?. Pada tulisan saya kali ini, saya akan membahas  mengenai manfaat membawa bekal untuk kita. Kita semua pasti mengira kalau membawa bekal merupakan tradisi atau kebiasaan untuk anak-anak saja. Sejak kita kecil  duduk dibangku TK pasti orangtua kita membiasakan kita untuk membawa bekal ke sekolah. Biasanya bekal yang dibuatkan berupa roti selai, nasi goreng atau masakan rumah lainnya.

Ternyata tradisi bawa bekal ini harus kita teruskan hingga kita dewasa, lho! Kenapa penting ?.  Saat ini, kita sudah biasa dikelilingi segala sesuatu yang instan, sampai makanan pun disajikan secara instant, (mie, daging ayam olahan, fast food atau yang lebih kita kenal dengan junk food) . Semua makanan yang disebutkan tadi memang terlihat menggiur kan, karena memang terlihat menarik dan rasanya juga enak. Namun, coba kita banyangkan kandungan gizinya untuk kesehatan kita. Sebagai psikolog sekolah saya juga sering melihat bekal anak-anak di sekolah yang ternyata tidak lepas dari makanan instant atau snack yang mengandung pengawet (cokelat, junk food dan lain sebagainya). Ketika melihat hal itu saya merasa sedih, ternyata beberapa orangtua kurang mempertimbangkan isi bekal makan siang untuk anaknya.

Tumbuh kembang usia anak-anak tentu harus ditunjang dari asupan gizinya, makanan 4 sehat 5 sempurna tentulah menjadi kombinasi makanan yang baik untuk masa pertumbuhan. Lalu apakah bekal harus berupa makanan 4 sehat 5 sempurna?, Tentu tidak. Saat ini banyak sekali kreasi makanan yang sederhana tetapi tetap sehat untuk dikonsumsi. Tidak hanya itu, bekal anak juga bisa disajikan dalam bentuk yang menarik menggunakan cetakan berbentuk lucu (nasi, atau telur), tentunya Ayah Bunda bisa menambahkan jelly, atau potongan buah dan susu untuk bekal anak ke sekolah. Biasakan untuk mengurangi anak memakan makanan yang terlalu manis seperti cake, cokelat, permen dan lainnya. Hal ini selain untuk menjaga kesehatan anak juga menjaga kesehatan gigi pada anak balita supaya tidak keropos.

Tentu saya tidak melarang Ayah Bunda untuk menikmati makanan cepat saji, tetapi saya mau mengingatkan kalau pola makan kita harus tetap dijaga. Pemerintah menetapkan hari bawa bekal untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk tetap mengkonsumsi makanan sehat. Tidak hanya itu dengan membawa bekal setiap hari kita juga bisa menghemat pengeluarkan kita sehari-hari, tentunya dengan berbelanja di pasar dan memasaknya di rumah tentunya terasa signifikan untuk mengurangi pengeluaran kita sehari-hari. Ketika Ayah dan Bunda membawa bekal, maka anak-anak pun akan merasa lebih semangat untuk membawa masakan Bunda sebagai bekal ke sekolah. Selamat Hari Bawa Bekal, selamat mengatur waktu bagi bunda untuk memasak dan mempersiapakan bekal untuk anak-anak! 🙂

Share this post

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print