Previous
Next
Lebaran-30-Kali

BerLebaran yang ke-30 kali nya

Mengapa saya memberi judul di atas? Karena sebenarnya untuk kita yang telah menjadi seorang ibu, perkiraan umur sudah mencapai sekitar 30 tahun. Artinya kita sudah merasakan Lebaran sebanyak 30 kali. Kita sudah mengerti setiap bertemu Lebaran, apa saja yang biasanya harus ada, harus dibeli, harus disediakan.  Pengalaman ber Lebaran setelah berkeluarga sudah berapa kali? Mungkin sudah 5-10 kali. Saya sendiri sudah mengalaminya sebanyak 11 kali. Di awal pernikahan mungkin masih galau, karena belum memahami apa saja yang harus disiapkan saat Lebaran dengan adanya keluarga baru. Yaitu Keluarga inti, keluarga orang tua kita, dan keluarga mertua. Dengan pengalaman yang sudah berkali-kali menghadapi Lebaran, seharusnya kita sudah siap secara finansial. Namun kenyataannya apakah semua orang sudah sangat siap dan paham?

Sayangnya tidak …

Pengalaman saya di  suatu masa, seminggu setelah Lebaran. Saya memasuki lift di gedung perkantoran mewah. Lift dipenuhi oleh pegawai kantor di gedung tersebut, dengan gaya keren. Ternyata obrolan di dalam lift adalah membicarakan betapa kacaunya keuangan mereka setelah Lebaran. Duh, THR habis, uang gajian habis. Kita tinggal puasa aja nih, sambil menunggu gajian bulan ini.

Nah, artinya masih ada yang kebingungan dalam mengatur uang THR nya.  Bingung atau kalap sehingga uang nya habis semua. Wajar kekalapan terjadi, karena Lebaran adalah masa pulang kampung, berkumpul bersama keluarga besar, makan-makan, bagi-bagi amplop, jalan-jalan. Belum lagi untuk para orang tua yang masa liburan anak nya panjang. Sehingga ada tambahan biaya libur sekolah yang berbarengan dengan libur Lebaran. Tapi apabila setiap menghadapi Lebaran dari tahun ke tahun, masalah kekacauan keuangan selalu terjadi, artinya ada yang salah dalam pengelolaan THR.

Bagaimana sebaiknya pengaturan THR ?  THR nya dihabiskan saja !  Untuk apa?

Untuk hal-hal berikut ini :

  1. Jangan lupa bayar zakat fitrah, jumlahnya sangat kecil
  2. Bayar zakat harta
  3. Kalau masih memiliki hutang menumpuk, sisihkan untuk mencicil melunasi hutang terlebih dahulu.
  4. Berbagi kepada orang tua dan sanak saudara yang membutuhkan
  5. Saat mau bagi-bagi amplop kepada anak-anak kecil, dibuat alokasi nya. Dihitung dengan benar, jumlah nya berapa. Dan sesuaikan dengan kemampuan keuangan anda. Jangan paksakan ingin mengisi amplop dengan nominal besar, tapi sebenarnya uang anda tidak cukup.
  6. Persiapkan dana memasak di hari Lebaran
  7. Persiapkan dana untuk membeli kue-kue Lebaran
  8. Baju lebaran untuk sekeluarga
  9. Hadiah untuk anak yang sudah berhasil berpuasa
  10. Ongkos untuk mudik
  11. THR untuk asisten rumah tangga
  12. Persiapkan budget untuk jalan-jalan bersama keluarga, karena biasanya selama Lebaran ada acara jalan ke tempat wisata bersama keluarga

Jadi pastikan uang THR anda dipakai, dihabiskan sesuai dengan kebutuhan dan skala prioritas nya

Share this post

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print