Previous
Next
images (3)

BIAYA MELAHIRKAN JAMAN SEKARANG

Kenapa saya katakan biaya melahirkan jaman sekarang? Karena rasanya jauh berbeda biaya melahirkan pada saat saya melahirkan anak pertama di tahun 2006 dengan kondisi saat ini. Biaya dokter dan kamar RS tentu berbeda, karena adanya inflasi. Hal ini tidak bisa dihindari, bahwa terjadi kenaikan biaya dari tahun ke tahun.
Sebagai contoh, biaya melahirkan di salah satu rumah sakit swasta di Jakarta adalah sebagai berikut :


Kelas III : Rp 10jt (normal) Rp 20jt (sectio)
Kelas II : Rp 12jt (normal) Rp 23jt (sectio)
Kelas I : Rp 13jt (normal) Rp 26jt (sectio)
Kelas VIP : Rp 16jt (normal) Rp 31jt (sectio)


Pilihan lain apabila biaya melahirkan di rumah sakit dirasa mahal, bisa melahirkan di bidan. Ibu jaman sekarang mungkin merasa kurang sreg untuk mempercayakan proses kelahiran anak nya di bidan. Padahal bidan adalah seorang tenaga ahli yang telah dilatih khusus dan memiliki pengalaman banyak dalam membantu proses kelahiran. Ibu saya menceritakan bahwa semua proses kelahiran lima anaknya dibantu oleh bidan. Semua proses normal dan tanpa jahitan. Hebat ya ibu saya dan bidan Maka alternatif melahirkan dibantu oleh bidan adalah suatu opsi yang tepat. Biaya melahirkan di bidan berkisar antara Rp 800rb – 1,5jt (sudah termasuk biaya perawatan ibu dan bayi, obat-obatan, dan pengecekan setelah melahirkan)


Apabila memang telah mendapatkan fasilitas asuransi kesehatan dari kantor, sehingga bisa melahirkan di rumah sakit. Pastikan untuk mengecek hak yang diperoleh sebelum proses kelahiran. Sehingga bisa mempersiapkan dana untuk menambah kekurangannya. Tapi biaya kelebihan di sini bukan lah biaya untuk meng upgrage kelas kamar ya. Karena seringkali saya mendengar cerita bahwa jatah dari kantor sebenarnya kelas II tapi demi mendapatkan kenyamanan lebih, dilakukan upgrade ke kelas I atau VIP. Pada saat meng upgrade kelas kamar, semua biaya akan ikut naik. Jadi sebisa mungkin nyaman kan diri kita dengan kondisi yang diberikan oleh asuransi kantor.


Biaya lahiran lainnya yang terjadi jaman sekarang adalah biaya tersier. Seperti menghias kamar, dekorasi balon-balon, menyewa fotografer dan video grapher khusus untuk mendokumentasikan proses lahiran, melakukan foto sesi untuk bayi di usia nya yang baru beberapa hari. Kalau memang anda memiliki bujet berlebih, silakan. Namun Jangan memaksakan diri, hanya karena ingin eksis di sosial media. Foto dan IG story menjadi segalanya, harus menunjukkan kepada semua orang bahwa proses kelahiran anaknya WAH. Ingat bahwa biaya setelah kelahiran yang lebih penting masih menunggu. Biaya akikah, biaya imunisasi anak, biaya sekolah anak. Menjadi orang tua adalah tugas seumur hidup. Proses kelahiran anak adalah awal nya, kita harus berjuang cukup panjang demi menyelesaikan tanggung jawab memenuhi kebutuhan primer dari anak kita.


So parenting is easy, just be yourself !
Jangan memaksakan diri untuk mengikuti gaya hidup orang lain tanpa melihat kemampuan diri

Share this post

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print