Previous
Next
Memperingati-Earth-Day-Bersama-Si-Kecil-1200x675

Cara Asyik Memperingati Earth Day Bersama Si Kecil

Tanggal 22 April diperingati sebagai Hari Bumi atau Earth day, ada yang belum tahu?. Earth day dibuat untuk menyadarkan kita sebagai manusia, sekaligus penghuni bumi untuk sadar dan lebih bertanggung jawab terhadap keberlangsungan berbagai kehidupan di bumi, misalnya: binatang, tumbuh-tumbuhan, dan lingkungan (udara, air, dll). Keadaan lingkungan saat ini sudah menjadi rusak dan kurang baik dan jelas akan berdampak pada kehidupan kita sebagai manusia. Ayah dan Bunda dapat memberikan contoh seperti: udara yang semakin panas, polusi kendaraan, pabrik dan pencemaran lingkungan lainnya. Untuk lebih mudah lagi menyampaikannya kepada buah hati, berikut saya akan memberikan beberapa kegiatan yang asyik dan menarik untuk memperingati hari Bumi atau Earth Day.

Kira-kira kegiatan apa yah yang bisa dilakukan untuk memperingatinya? Atau aktivitas apa yang kira-kira sesuai untuk dilakukan sekaligus memberikan penjelasan kepada anak? Saya akan membagikan beberapa tips untuk Ayah dan Bunda.  

Pertama, kita bisa pergi ke kebun binatang. Ini merupakan kegiatan yang menarik dan pasti disukai setiap anak-anak. Selain Ayah dan Bunda bisa bersenang-senang bersama buah hati, anak juga akan belajar banyak mengenai hewan-hewan yang mungkin sebelumnya belum pernahkita ketahui. Sambil berjalan-jalan kita bisa memberikan penjelasan kepada anak tentang mengapa kita perlu menjaga kebersihan lingkungan, melestarikan hewan-hewan dan memeliharanya dengan baik juga termasuk tindakan untuk menjaga bumi kita.

Kedua, berkebun atau bercocok tanam di halaman rumah. Ayah dan Bunda mengajak anak untuk menanam tanaman seperti : bunga-bungaan, rumput, atau tanaman yang mudah tumbuh seperti cabai, tomat, ubi dan lain sebagainya. Ayah dan Bunda mengajak anak untuk menggali tanah, menyebarkan benih atau biji dan menyiramnya setiap hari. Saat melakukan kegiatan ini Ayah dan Bunda bisa menyampaikan bahwa menjaga bumi dapat dilakukan dengan bercocok tanam. Kita memanfaatkan tumbuhan di sekitar kita untuk hidup sehari-hari, namun kita juga tidak boleh lupa melestarikannya dengan menanaminya kembali.

Ketiga, kegiatan piknik sederhana. Hal ini dapat dilakukan di taman terdekat atau kebun sendiri dengan menikmati hidangan yang sehat bersama keluarga dan juga teman-teman terdekat. Ayah dan Bunda bisa menyampaikan bahwa kita menikmati keindahan alam seperti: taman, gunung, dan kebun. Namun, ketika kita menikmatinya kita juga harus menjaga kebersihannya dengan cara tidak membuang sampah sembarangan, tidak merusak tanaman, tidak mengotori sungai dan lain sebaginya.

Keempat, membuat mainan atau benda yang berguna dari barang bekas. Wah ini sangat menyenangkan dimana Ayah dan Bunda menyampaikan kepada anak bahwa limbah plastik seperti: botol air mineral tidak bisa terurai atau hancur sehingga kita harus memanfaatkannya. Untuk kegiatan dapat Ayah dan Bunda browsing melalui internet, namun saya akan membagikan beberapa alternatif misalnya: membuat pot gantung dari botol mineral yang diberi lubang pada bagian bawahnya, atau membuat hiasan rumah berupa tirai dari tutup botol air mineral yang dikumpulkan dan diuntai dengan menggunakan tali. Ayah dan Bunda perlu untuk menyampaikan bahwa ada berbagai macam limbah atau sampah, baik yang dapat didaurulang dan yang tidak bisa didaurulang. Oleh karena itu kita harus menjaga kebersihan lingkungan disekitar kita dengan membuang sampah pada tempatnya.

Share this post

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print