Previous
Next
Childcare-VS-Baby-Sitter

Childcare VS Baby Sitter

Mempercayakan pengasuhan buah hati di usia prasekolah kepada orang lain tentu bukan hal mudah. Situasi kian sulit ketika keluarga terdekat seperti nenek, kakek atau kakak tidak bisa membantu. Pilihannya hanya kepada babysitter atau daycare.

Menitipkan buah hati kepada babysitter dan daycare adalah sama-sama mengalihkan pengasuhan sang buah hati kepada orang lain. Namun keduanya memiliki perbedaan mendasar yakni pada pola pengasuhan dan pola didik. Yang perlu Anda perhatikan adalah memastikan sang buah hati berada di tangan terpercaya sehingga tumbuh dan berkembang dengan baik.

Aturan

Ketika mempercayakan pengawasan anak kepada babysitter di rumah, orang tua tentu dapat menyusun sendiri peraturan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan sang pengasuh. Sesuai dengan nilai yang ingin Anda terapkan ke anak.

Namun aturan-aturan yang dibuat orang tua belum tentu diaplikasikan dengan baik oleh sang pengasuh. Apalagi jika anak belum bisa berbicara, belum bisa mengadu, dan tidak ada siapapun yang membantu mengawasi di rumah.

Stimulasi

Daycare bukan semata-mata jasa penitipan anak. Tempat ini memiliki program-program stimulasi dan eksplorasi yang aman. Kurikulum yang telah disesuaikan dengan tahapan tumbuh kembang bayi dan balita.

Seperti juga babysitter, caregiver atau pengasuh di daycare sudah tentu merupakan tenaga terampil untuk pendidikan dasar anak dan ilmu kesehatan anak. Namun adanya supervisi langsung pengelola membuat standar layanan daycare tetap terjamin.

Disiplin

Daycare melengkapi diri dengan ruang bermain yang relatif lebih luas dibandingkan arena bermain anak di rumah sendiri. Anak diajak melakukan beragam kegiatan sesuai tema yang telah disusun. Pada saat bersamaan, anak dikenalkan dengan kedisiplinan karena jam-jam aktivitas berlangsung teratur.

Hal ini jelas menghindari tumbuhnya rasa bosan pada anak itu sendiri. Berbeda dengan pengasuhan babysitter di rumah. Anak akan tenggelam dalam rutinitas yang sama setiap hari. Bahkan bukan tidak mungkin, tanpa pengawasan yang ketat, ada kemungkinan anak hanya menonton televisi saja.

Mandiri

Anak di daycare akan menjadi lebih mandiri karena mereka ditangani bersama beberapa anak dalam bentuk kelas atau grup. Mereka belajar bertanggung jawab dengan makan dan minum sendiri, membereskan mainan sendiri setelah selesai bermain dan lebih bertanggung jawab dengan barang pribadi.

Sementara anak dalam pengasuhan babysitter cenderung mendapat perhatian spesial dari sang pengasuh. Anak akan terpenuhi semua keinginannya sehingga cenderung manja dan kurang bertanggung jawab dengan diri sendiri. Bahkan tidak jarang, anak jadi terlau lengket dengan pengasuh.

Waktu

Bagi Anda yang memilih jasa babysitter mungkin tak akan direpotkan dengan rutinitas pagi sebelum berangkat bekerja. Sebab semua kebutuhan anak akan disiapkan sang pengasuh. Berbeda halnya orang tua yang memilih daycare, tentu harus menyempatkan waktu mengantar anak setiap harinya. Termasuk tepat waktu menjemput anak. Karena beberapa daycare memasang biaya tambahan jika terlambat menjemput.

Namun hal itu terbayarkan ketika anak Anda tumbuh menjadi pribadi yang kreatif, terampil dan mudah bersosialisasi dengan orang lain. Karena di daycare, anak berkenalan dengan suasana baru, orang baru dan bertemu atau mengenal anak-anak lain seusianya.

Share this post

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print