Previous
Next
def pic

Datang ke Psikolog Anak itu ngapain , ya?

Pada tulisan sebelumnya kita sudah membahas mengenai Tumbuh Kembang Anak. Tulisan kali ini akan membahas lebih spesifik mengenai penanganan yang dilakukan oleh Psikolog Anak atau “apa yang dilakukan saat datang ke psikolog anak?”. Saat ini sepertinya sudah tidak asing lagi mendengar kata “psikolog anak”,  namun jenis penanganan yang dilakukan oleh seorang psikolog anak masih belum banyak diketahui. Dari hasil interviu yang dilakukan kepada beberapa ibu yang memiliki anak usia balita, dan diperoleh hasil bahwa ibu akan membawa anaknya ke psikolog anak jika perilaku anaknya “berbeda”dibandingkan dengan anak lain seusianya, misalnya : anak terlalu aktif atau pasif. Kemudian membutuhkan penanganan untuk anak dengan “kondisi khusus” seperti : Autis, ADHD, dan lain-lain. Jadi kondisi yang telah disebutkan diatas mendorong ibu untuk membawa anaknya pergi ke psikolog anak. Tapi tidak hanya itu, masih ada penanganan lainnya yang bisa dilakukan oleh seorang psikolog anak.

Ada bermacam-macam penanganan yang dapat dilakukan saat datang ke psikolog anak, mulai dari pemeriksaan psikologi, pemeriksaan perkembangan anak, konsultasi anak (rentang usia anak hingga usia remaja), konsultasi keluarga, dan juga edukasi mengenai perkembangan anak, atau permasalahan anak. Berikut ini akan dijelaskan satu persatu. Pemeriksaan psikologi biasanya dilakukan meliputi lima aspek penting : kognitif, sosial, emosi, bahasa dan motorik dari seorang anak. Biasanya pemeriksaan psikologi yang dilakukan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing anak, karena setiap anak merupakan pribadi yang unik sehingga penanganan yang diberikan tidak akan sama antara satu anak dengan yang lainnya. Konsultasi, yang dapat dilakukan dengan anak, dan juga orangtua berkaitan dengan permasalahan anak, misalnya orangtua merasakan kondisi perkembangan anaknya tidak sesuai dengan perkembangan anak lain seusianya. Sebelum konsultasi dilakukan, psikolog anak melakukan pengecekan terhadap keluhan yang disampaikan oleh orangtua. Sedangkan memberikan edukasi sebenarnya hampir serupa dengan melakukan konsultasi, hanya saja dalam edukasi psikolog akan menyampaikan informasi baru yang berkaitan dengan kondisi anak kepada orangtua, atau mengajarkan cara yang tepat untuk melatih atau menstimulasi anak di rumah sesuai dengan kebutuhan anak.

Ternyata banyak sekali,ya hal-hal yang dapat dilakukan saat kita pergi ke psikolog anak. Melalui informasi singkat yang telah disampaikan diatas diharapkan para orangtua menjadi lebih tahu dan memahami betapa pentingnya untuk membawa anak ke psikolog.

Share this post

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print