Dukung Sustainable Beauty Melalui Kampanye #PakaiSampaiHabis

Setiap tahunnya, produk kecantikan terus berkembang di Indonesia. Menurut suatu studi yang dilakukan oleh Kantar di tahun 2021, pertumbuhan segmen kecantikan dan perawatan pribadi di masa new normal adalah sebesar 3%. Dibalik pertumbuhan produk kecantikan yang pesat, tentunya ada sisi lain yang ikut terdampak, yaitu potensi peningkatan sampah kemasan produk kecantikan dan kebiasaan konsumsi berlebihan oleh masyarakat.

Konsumsi berlebihan misalnya membeli produk kecantikan hanya karena trend atau diskon. Kebisasan ini dapat menimbulkan tumpukan barang di rumah dan adanya potensi masalah lingkungan. Menurut survei dari Lyfe With Less tahun 2022, 53% responden mengaku selalu membuang sampah bekas produk kecantikan (empties) ke tempat sampah tanpa dipilah terlebih dahulu, hingga bercampur dengan sampah rumah tangga. Kemudian sampah empties akan diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir dan membutuhkan waktu hingga puluhan tahun supaya bisa terurai. 

Karena itu, Lyfe With Less mengadakan kampanye #PakaiSampaiHabis dengan mengajak masyarakat Indonesia untuk bertanggung jawab dengan konsumsi produk kecantikannya. Tahun lalu #PakaiSampaiHabis berhasil mengumpulkan 10.954 empties dari 1277 empties hero. Di tahun 2022 ini, #PakaiSampaiHabis kembali diselenggarakan, bekerja sama dengan Zero Waste Indonesia sebagai edukator dan katalisator pelaku daur ulang di Indonesia, 15 brand produk kecantikan, 47 pelaku daur ulang di seluruh Indonesia, dan 2 partner logistik. #PakaiSampaiHabis mengajak masyarakat Indonesia untuk mengumpulkan empties dan mengirimkannya supaya bisa didaur ulang. Rangkaian kegiatan kampanye #PakaiSampaiHabis juga meliputi Empties Hero Talks, yaitu rangkaian talk seputar sustainable beauty. Empties Hero Talk diselenggarakan online selama kampanye #PakaiSampaiHabis berlangsung.

Kampanye ini dibuat untuk menciptakan kesadaran masyarakat supaya dapat mengkonsumsi produk kecantikan dengan lebih bijak. Empties yang diterima dari kampanye #PakaiSampaiHabis juga akan didaur ulang dan diolah menjadi bahan baku untuk membuat produk baru lagi. Kampanye #PakaiSampaiHabis berlangsung dari tanggal 1 Juni – 31 Agustus 2022. Untuk informasi lebih lanjut mengenai kampanya #PakaiSampaiHabis, bisa diakses melalui https://lyfewithless.com/pakaisampaihabis/

Yuk turut bergerak demi mencapai sustainable beauty, mulai dari aksi nyata, #PakaiSampaiHabis!

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on facebook
Facebook
Share on email
Email

Urang Ulin Festival

Peri Bumi Program