Previous
Next
e

Empat langkah menyiapkan sarapan yang sehat bagi otak

By healthy roots

Nah, sarapan itu kan menu yang paling penting dalam sehari. Selain mengisi perut yang sudah kosong semalaman, sarapan -terutama makanan yang sehat- juga penting untuk nutrisi otak seharian.

Apa aja sih sarapan sehat? Jelas makanan yang berserat, makanan asli dari alam, yang diproses dengan baik dan mengandung banyak zat gizi.

Sarapan ini yang bisa menunjang kerja otak anak dan seluruh anggota keluarga, tentunya. Tapi gimana dong supaya menyiapkan sarapan sehat berjalan mulus dan dimakan dengan senang hati oleh si kecil?

Ada nih tipsnya dari dr William Sears:

  • Ceritakan alasannya mengapa sarapan sehat jauh lebih baik

Bisa saja kita menyiapkan dongeng tentang bahan makanan, bagi anak yang lebih kecil. Atau menceritakan hal-hal yang relevan dengan situasi si kecil, agar dia bisa terkorelasi dengan cerita tersebut. Katakan bahwa makanan sehat akan membuat mereka lebih sehat, dan berenergi. Karena kalau lemas, nanti di kelas justru enggak bisa dengerin guru dan nilainya jadi jelek. Belum lagi kalau diajak main bola sama teman-teman, bisa-bisa kebobolan terus gawangnya kalau lemas. Bisa juga, malam sebelum tidur, berikan menu layaknya di restoran. Sebagai pilihan makanan untuk sarapan yang ingin mereka makan. Semuanya menu sehat, dengan nama-nama yang menarik.

  • Rutinitas sarapan se-menyenangkan mungkin

Ingat ya, goal kita adalah membantu anak memulai hari dengan keseimbangan biokemikal. Jadi, sesehat apapun makanan yang dikonsumsinya, jika ia tidak bahagia, ya tidak tercipta juga keseimbangan tersebut. Simpan dulu kritik-kritik yang ingin disampaikan ke anak, jangan dikeluarin pagi-pagi ya. Nanti sore kan bisa. Kirim si kecil ke sekolah dengan otak yang penuh dengan hormone gembira

  • Pastikan komposisi makanan yang terpentingnya tersedia

Komposisi makanan sehat yang terpenting bagi otak adalah protein dan lemak sehat omega-3. Karena itu, baiknya sarapan yang sehat bagi otak mengandung:

  1. Protein untuk membantu kerja otak: telur, whole grains
  2. Phytos untuk sistem imun: buah-buah berawarna warni dan sayuran
  3. Lemak sehat: omega-3 untuk membangun jaringan otak
  4. Mineral seperti kalsium dan besi untuk mendukung biokemestri otak

Yang jelas, hindari makanan tinggi karbohidrat cepat cerna (seperti nasi) dan rendah protein, ya. Sebab makanan seperti ini akan memerlambat aktivitas otak dan justru membuat anak mengantuk. Oh, atau justru menjadi hiperaktif dan tidak bisa dikendalikan.

  • Nikmati 10 ide sarapan baik untuk otak berikut ini

apa aja ya?

  1. Potongan apel dengan yogurt
  2. Smoothie sayuran dan buah
  3. Telur dan roti whole wheat, dengan jus jeruk dan buah
  4. Mix yogurt, granola, buah, flaxseeds, madu dan almond. Sajikan cantik, dan bisa lho disiapkan dari malam kemudian disimpan di kulkas. Pagi-pagi dinikmati
  5. Oatmeal, plain yogurt dan blueberry
  6. Selai kacang di roti whole wheat dengan pisang atau berries.
  7. Omellete, muffin buatan sendiri dan buah
  8. Cereal granola whole grain, yogurt dan berries
  9. Waffle atau pancake whole grains dengan berries dan yogurt

Internasional banget? Yang local juga banyak. Buah-buahan yang sedang musim, kan pasti manis tuh. Bisa salak, mangga, jambu, pisang, papaya dan lain-lain. Kita kan surganya buah, lho.

Telur rebus dan sayuran segar juga enak lho dimakan pagi-pagi. Atau…karedok dengan bumbu kacang? Duh enak ya kayanya. Atau coba deh ngobrol-ngobrol sama admin healthy roots, kalau sedang sibuk dan enggak siap nyiapin makan si kecil.

Kami bisa kirim makanan seharian lhooo..

Healthy roots- this is real food.

Share this post

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print