Previous
Next
RootsLearningCenter.id

Kesiapan Sekolah

Rasanya tidak sabar menanti saat anak memasuki usia sekolah yah Ayah Bunda. Ingin rasanya melihat anak memasuki pekarangan sekolah dengan wajah yang ceria. Tapi, apakah Ayah Bunda sudah mempertimbangkan kesiapan sekolah anak? Mungkin yang terlintas dalam benak Ayah Bunda adalah anak sudah siap sekolah karena ia sudah bisa calistung. Tapi, apakah benar hanya dilihat dari kemampuan calistung-nya saja atau ada hal lainnya?

Sesungguhnya, kesiapan sekolah anak tidak hanya dilihat dari kemampuan akademisnya saja. Kesiapan sekolah juga dilihat dari usia anak, kematangan motorik halus, kematangan bahasa, serta kematangan kemampuan sosial-emosional anak. Kemampuan sosial-emosional anak bisa dilihat dari:

  • Kemampuan anak untuk mengikuti instruksi atau arahan
  • Kemampuan anak untuk menerima tanggung jawab baru
  • Kemampuan anak untuk meregulasi dirinya saat berada dalam situasi yang kurang sesuai dengan harapan dirinya
  • Kemampuan penyelesaian masalah secara verbal, daripada dengan menggunakan agresi
  • Kemampuan untuk bekerja sendiri atau dalam kelompok
  • Kemampuan penyesuaian diri dan kemampuan menjalin pertemanan baru
  • Kemandirian

Jadi, ketika anak sudah menunjukkan kemampuan-kemampuan tersebut dengan memadai, anak diperkirakan akan siap untuk duduk di bangku sekolah. Ketika anak memiliki kesiapan sekolah yang baik, ia akan lebih mudah menyesuaikan diri dengan situasi sekolah dan mampu mengikuti materi di sekolah. Nah, bagaimana dengan anak Ayah Bunda? Apakah sudah siap sekolah? Apabila Ayah Bunda ragu, sebaiknya berkonsultasi dengan psikolog untuk dilakukan tes kematangan sekolah yang meliputi asesmen perkembangan dan juga tes kecerdasan (IQ). Tes kecerdasan ini dapat melihat mana saja area-area kemampuan anak yang sudah berkembang baik dan kemampuan yang masih perlu diasah lagi.

Yuk Ayah Bunda, mulailah persiapkan anak untuk memiliki kemampuan tersebut sebelum mulai bersekolah!

Share this post

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print