Previous
Next
Children playing with wooden train. Toddler kids play with blocks trains and cars. Educational toys for preschool and kindergarten child. Boy and girl build toy railroad at home or daycare.
** Note: Shallow depth of field

Liburan di Rumah Seru !

Wah sebentar lagi kita memasuki bulan Juni, nih! Setiap anak pasti sudah menanti-nantikan masa-masa liburan sekolah yang menyenangkan. Mungkin, bagi sebagian Ayah dan Bunda menjadi masa yang mendebarkan dengan menunggu hasil raport kenaikan kelas si buah hati. Apapun hasil yang diperoleh si buah hati jangan sampai jadi hambatan untuk menikmati liburan yah. Jika hasilnya baik dan memuaskan maka berikan apresiasi atau pujian untuk jerih payah dan usaha yang telah si buah hati lakukan selama belajar. Namun, jika hasilnya kurang memuaskan jangan sampai membuat si buah hati berkecil hati ya akan apa yang telah ia peroleh. Justru Ayah dan Bunda perlu memberikan semangat dan meyakinkan bahwa ia bisa lebih baik dari hasil saat ini.

Saat ini sudah menjadi hal yang biasa untuk pergi berlibur ke luar negri. Hal ini bisa kita lihat melalui media sosial seperti instagram, dan facebook. Tidak jarang pada saat liburan menjadi ajang untuk meng upload foto-foto liburan. Apakah harus ke luar negri? Tentu tidak. Banyak hal yang bisa dilakukan selama liburan dengan budget yang tidak besar dan pastinya mengasyikan bagi si buah hati. Liburan di rumah pun tidak kalah seru, dengan merubah setiap rutinitas yang biasa dilakukan di waktu sekolah. Seperti apa? Berikut saya akan menjabarkannya.

Membuat daily plan selama liburan, misalnya: di hari pertama liburan ajak anak untuk merubah tataan dekorasi kamarnya agar tidak membosankan. Hal yang bisa dilakukan adalah merapihkan buku, merubah posisi meja belajar, menggeser tempat tidur dan lemari serta menambahkan dekorasi kamar seperti: foto, poster atau kata-kata/quotes yang bisa menyemangati sehari-hari. Hal ini dapat merubah susasana di rumah menjadi berbeda dan lebih baik. Jangan lupa ambil foto bersama ketika selesai merapihkan kamar untuk menjadi kenang-kenangan aktivitas liburan di rumah. Selain itu, jika Ayah dan Bunda memiliki lahan untuk bercocok tanam hal ini juga dapat dimanfaatkan menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk mengisi liburan. Ayah dan Bunda dapat mengajarkan hal baru kepada si buah hati untuk menanam bunga atau benih lainnya seperti: pohon buah, tomat, cabai, atau sayuran. Belilah benih dan pilihlah tanaman yang akan ditanam, kemudian secara rutin merawatnya dengan menyiram dan membersihkannya dari rumput liar. Jangan lupa buat jurnal dan mengambil foto tanaman dalam setiap perkembangannya. Jika tanaman sudah berbuah atau berbunga tentu akan ada kepuasan tersendiri bagi penanamnya. Kegiatan ini menyenangkan dan juga menambah informasi bukan?.

Selingi hari-hari merawat tanaman dengan kegiatan cooking class bersama Bunda. Hal ini bisa dilakukan di sore hari sebagai snack sore si buah hati. Bunda, pilih menu yang mudah , yang memungkinkan bagi si buah hati untuk membantu ya!, misalnya: puding buah-buahan, es buah, milkshake, fish and chips, atau popcorn sebagai teman menonton TV atau dvd bersama. Bunda dan si buah hati juga bisa mengajak tetangga, atau saudara untuk ikut melakukan kegiatan cooking class ini. Seperti biasa jangan lupa diabadikan dalam bentuk foto ya untuk kenang-kenangan.

Pilihlah kegiatan yang jarang bisa dilakukan saat anak sekolah, sehingga kegiatan yang dipilih menjadi lebih spesial dan berkesan untuk si buah hati. Oya, untuk setiap foto yang diambil dapat dicetak, dan kemudian di tempel di buku atau karton dan minta anak menuliskan cerita dari setiap gambar. Tidak kalah menyenangkan kan? Liburan bukan berarti harus pergi ke luar negri atau pergi ke tempat yang jauh. Hal ini juga dapat mengajarkan anak untuk hidup sederhana dan bahagia dengan cara yang sederahana juga. Selamat berlibur untuk kita semua!.

Share this post

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print