Previous
Next
Health and unhealthy foods in front of pregnant Japanese woman

Makan buah ini, dijamin keguguran!

Hamil itu menyenangkan, bukan hanya untuk calon ayah dan bunda, tapi juga bagi keluarga besar. Nyenengin, tapi sekaligus bikin deg-degan ya? Soalnya ketika kita hamil, mendadak semua orang berubah jadi dokter. Hehehe

“Hati-hati kalau hamil, jangan makan ini itu, nanti keguguran!!” adalah ucapan yang sering diberitahu orang-orang disekitar kita. Perhatian yang baik sebetulnya, namun kadang bikin hamil jadi stress karena segala macem enggak boleh dimakan. Sementara kondisi hamil kan sebaiknya tidak stress.

Nanas si kambing hitam

Dari Indonesia sendiri, buah yang paling sering jadi kambing hitam dan Terlarang keras untuk dikonsumsi bumil adalah Nanas. Namun ternyata, tidak hanya di Indonesia lho, nanas dianggap menggugurkan kandungan. Di luar negeri juga. Sebenarnya bagaimana sih?

Kalau nanas, menurut buku What To eat when you’re pregnant, tulisan Rana Conway, Nanas memang mengandung enzim bromelain yang bekerja memecah protein dalam tubuh. Karena janin yang baru dikandung terdiri dari sel protein sederhana, asupan bromelain diduga dapat menyebabkan perdarahan dan keguguran. Selain itu, bromelain juga diduga merangsang leher rahim untuk melunak dan melonggar sehingga dapat memicu persalinan dini.

Bromelain, dalam bentuk tablet atau kapsul suplemen, memang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi ibu selama hamil. Tetapi, dosis bromelain dalam satu buah nanas segar utuh tidak cukup tinggi untuk bertindak sebagai obat yang berdampak pada kehamilan.

Berdasarkan studi Duke University Medical Center di 2011, satu porsi jus nanas segar yang dimurnikan dari batang (sumber utama bromelain) hanya mencapai 16 mg. Artinya, seorang bumil harus mengonsumsi 7-10 buah nanas segar utuh sekaligus, untuk mencapai efek menggugurkan kandungan. Banyak ya, kenyang tu pasti. Hehehe..

Justru banyak manfaatnya

Nah, tau gak? sebetulnya, makan nanas saat hamil justru bisa memberikan dorongan nutrisi bagi janin dalam kandungan untuk bisa bertumbuh kembang dengan optimal. Satu porsi nanas potong segar menunjang kurang lebih 79 mg vitamin C, nutrisi yang diperlukan untuk menyuplai produksi kolagen yang membantu pertumbuhan kulit, tulang, tulang rawan, dan tendon bayi, menurut Live Science, dan sekaligus bisa menunjang kekebalan tubuh Anda selama kehamilan. Ibu hamil pada umumnya membutuhkan 85 mg asupan vitamin C harian.

Nanas merupakan sumber serat tinggi, yang secara efektif meringankan sembelit. Sembelitadalah keluhan umum yang ditemukan pada tahap awal kehamilan. Nanas juga menyediakan banyak nutrisi lainnya, termasuk vitamin A dan B6, folat, niacin, thiamin, riboflavin, asam pantotenat, besi, magnesium, kalium dan mangan.

Tidak perlu berlebihan

Segala sesuatu yang berlebihan ya pasti enggak baik. Sedoyan-doyannya makan nanas, dan meski sebetulnya aman, tetap enggak perlu berlebihan. Makan nanas setiap satu minggu dua kali, seharusnya aman kok. Satu kali makan sekitar 1 mangkok aja ya, jangan keterlaluan juga.

Tidak berlebihan dalam menanggapi mitos, saran dan wejangan orang lain juga merupakan tindakan yang bijak. Linda Geddes, dalam buku bumpology yang bercerita tentang berbagai anekdot kehamilan juga mengatakan bahwa saran demi saran yang di bombardir kepada para bumil memberikan tekanan yang berat dalam menjalani kehamilan.

Apalagi jika hamil pertama kali, duh rasanya berat sekali deh, kalau mendengar wejangan ini jangan itu bahaya, terus menerus. Dengan pesan-pesan yang nakut-nakutin ini, kebanyakan merasa takut gagal dan bahkan merasa takut akan melakukan tindakan yang membahayakan bayinya. Keadaan serba ketakutan ini jelas menimbulkan stress.

Jalani kehamilan dengan bahagia

Isi wejangan tidak selalu salah, namun sebaiknya tidak membuat tekanan yang menjadikan hamil menjadi semakin berat. Sebab, menjadi ibu hamil saja sudah berat, susah makan, susah tidur, kelelahan, seringkali menjadi momok ibu Hamil. Bukankah lebih baik menjalaninya dengan bahagia?

Share this post

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print