Previous
Next
Empathy-1200x834

Melatih Empati Pada Anak

Empati merupakan kebiasaan yang harus sering dilatih orangtua kepada anak, caranya dengan menggunakan alat bantu yang riil/nyata misalnya : buku cerita atau film.

Dampingi anak saat menyimak kisah tersebut dan beri penjelasan secukupnya sesuai usia anak. Ingat, meskipun kegiatan ini tampah sederhana (membaca atau menonton film), tapi kehadiran orangtua yang sepenuh hati akan membuat proses penyampaian pesan empati lebih mudah lekat

Pancing anak agar ia tertarik untuk terus mengajukan pertanyaan mengenai sebuah keadaan atau situasi yang berbeda dengan kesehariannya.  “hmm, kelihatannya sama tapi berbeda, kakak bisa lihat apa perbedaannya cerita ini dengan keadaan kakak sekarang?”

Tanyakan bagaimana rasanya, apakah anak pernah melihat situasi seperti ini (kapan dan dimana), berikan mimik muka dan intonasi suara yang berbeda saat membahas persoalan ini. “kalau adik punya teman seperti ini, bagaimana rasanya?”, “kira-kira kalau kakak menjauh dari tokoh ini, si tokoh sedih atau senang ya kehilangan teman?”

Berikut adalah beberapa buku cerita pilihan yang bisa dibaca bersama, sebagai salah satu cara menstimulasi empati :

1. Yang Paling Istimewa, Clara Ng1. Yang Paling Istimewa, Clara Ng

2. Jangan Lupa Aku Mencintaimu, Clara Ng

3. Brian has Dyslexia, Jenny Leigh

4. Zak has ADHD

5. George has Meningitis

Share this post

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print