Previous
Next
28JUL19-1200x1200

Memahami Dunia Anak

Kali ini kita akan membahas tentang Dunia Anak-anak. Pasti setiap orang tua tentu berkeinginan agar anak-anaknya kelak tumbuh menjadi anak yang sehat, anak yang cerdas, anak yang kreatif, anak yang mandiri. Banyak sekali harapan orangtua tentunya yang terbaik untuk anaknya. Meskipun bukan untuk menjadikan anak yang sempurna (karena tidak ada manusia yang sempurna), tapi untuk menjadi yang tumbuh dengan baik dan bahagia. Semua akan orangtua lakukan semata-mata untuk kebaikan anak-anak kita.

Dunia anak-anak tentu sangat berbeda dengan dunia kita, dunia orang dewasa. Anak-anak memiliki pribadi yang unik dan terkadang sulit ditebak. Berikut ini ada beberapa tips untuk memahami anak-anak yang perlu diketahui, yaitu:

  • Dunia anak, adalah dunia bermain.

Dunia anak-anak adalah dunia bermain, hampir semua kegiatannya adalah bermain dan bermain. Bermain sambil belajar (belajar sambil bermain), mengeksprolasi benda-benda yang ada di sekitar mereka merupakan kegiatan yang menyenangkan baginya. Anak juga kreatif mereka memiliki keingintahuan yang sangat tinggi sehingga mudah untuk mengeluarkam pertanyaan2 yang unik yang kadang sulit untuk dijawab. Tugas orangtua adalah mengArahkan pada permainan yang merangsang pertumbuhan otak dan fisiknya. Perhatikan dalam memilih mainan untuk anak-anak ataupun memilih permainan anak yang sesuai dengan tahapan usianya.

  • Anak sangat suka meniru.

Entah kita sadar atau tidak, apa yang kita ucapkan, kita lakukan, tentu akan ditiru anak-anak. Makanya kita sebagai orang tua harus memberikan contoh yang baik pada anak-anak. Anak-anak merupakan cerminan orang tuanya. Apa yang diajarkan di rumah itulah yang akan ditampilkan anak di lingkungan. Tapi bukan hanya dari orang tua saja, anak-anak akan meniru dari lingkungan sekitar atau media lain seperti televisi. Orang tua harus ekstra hati2 dan mendampingi anak saat menonton televisi atau bermain dengan menggunakan media lainnya.

  • Anak-anak terus berkembang setiap hari

Anak-anak masih berkembang baik secara fisik maupun psikis. Jadi ketika anak menampilkan perilaku yang kurang sesuai maka orang tua tidak boleh berputus asa untuk membantu anak mengingatkan kembali dan memberikan konfirmasi terhadap apa yang dilakukannya.

  • Anak-anak sangat kreatif

Selain tumbuh dan berkembangnya yang pesat, anak-anak adalah pribadi yang unik dan kreatif. Tentu saja kita sebagai orangtua juga harus selalu memiliki cara untuk menyampaikan informasi, mengajari anak dengan cara2 yang unik dan menarik. Ingat, anak-anak tidak sama seperti orang dewasa sehingga dibutuhkan kesabaran dan kreatifitas dalam menghadapi mereka.

Selamat memahami dunia anak-anak!

Share this post

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print