Previous
Next
WhatsApp Image 2019-03-21 at 15.04.05

Membuat Perencanaan Membuat Parenting Jadi Lebih Mudah

Hai, selamat tahun baru!. Di bulan pertama tahun 2019 ini tentunya Ayah dan Bunda sudah membuat perencanaan apa saja yang akan dilakukan di sepanjang tahun 2019. Perencanaan seringkali dibuat untuk memberikan gambaran atau mempersiapkan kita untuk melakukan sesuatu dengan lebih mudah. Tanpa membuat perencanaan kita seringkali dirundung rasa bingung yang tidak jarang membuat kita menjadi cemas. Hal ini dikarenakan sebagai orang tua kita berupaya untuk bisa memberikan yang terbaik kepada anak-anak, dan setiap perencanaan yang kita lakukan tentunya ingin berjalan dengan mulus dan juga berhasil. Ini merupakan kondisi yang wajar dirasakan oleh orang tua, namun keinginan kita untuk memberikan yang terbaik jangan sampai mengubah kita menjadi orang tua yang ambisius atau perfectionist.

Pembuatan perencanaan dalam pengasuhan anak sangat diperlukan, hal ini dapat membantu kita memberikan gambaran mengenai situasi, dan juga sebagi upaya mengantisipasi setiap hal yang kita lakukan atau terapkan kepada anak. Kelebihan membuat perencanaan membuat kita lebih mudah dan terarah dalam memberikan tindakan atau pengasuhan kepada anak dan mengurus keluarga. Disini saya akan memberikan contoh, seperti: pemilihan sekolah untuk anak. Banyak orang tua masa kini yang bingung dalam pemilihan sekolah berbasis Internasional dengan Bahasa Inggris, atau nasional dengan bahasa Indonesia. Hal ini merupakan sesuatu yang wajar, namun dengan pembuatan perencanaan sekolah kita bisa mengurai kebutuhan anak saat ini dan di masa depan. Jika Ayah dan Bunda berencana menyekolahkan di sekolah yang berbasis internasional disetiap jenjang pendidikan, maka sekolah dengan bahasa pengantar Inggris menjadi kebutuhan untuk mempersiapkan anak dalam lingkungan belajar dan penggunaan bahasa yang akan terus digunakan selama anak menjalani pendidikan. Tetapi, jika dalam jangka panjang orang tua tidak memiliki perencanaan untuk menyekolahkan anak yang berbasis internasional tentunya sekolah nasional menjadi pilihan yang tepat.

Sebagai orang tua kita perlu menjadi orang tua yang tidak hanya smart tetapi juga bijaksana dalam menentukan pilihan untuk anak. Hal ini tentunya dapat di mulai dengan membuat perencanaan untuk setiap hal yang akan dilakukan dalam pengasuhan anak. Sebagai orang tua kita juga perlu memiliki pendirian yang teguh dengan pilihan atau perencanaan yang akan kita buat dan yakin bahwa sebagai orang tua kita benar-benar memahami kebutuhan anak saat ini dan juga di masa yang akan datang. Menjadi orang tua yang smart membuat kita tidak lagi latah dengan pilihan yang dilakukan oleh orang tua lainnya.

Share this post

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print