Previous
Next
Sekolah-Baru-1200x675

Mempersiapkan Anak ke Jenjang Pendidikan yang Lebih Tinggi

Moment anak masuk TK atau SD untuk kali pertama merupakan saat-saat yang ditunggu oleh setiap orangtua. Banyak orangtua merasa excited namun juga deg-deg an sekaligus bangga membayangkan buah hati mereka memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Ternyata tidak hanya orangtua saja, tetapi sang buah hati juga merasakan perasaan campur aduk, seperti: excited, takut dan juga bercampur khawatir. Kenapa demikian?, ketika anak sudah memasuki usia sekolah (dimulai dari usia TK A, 4 tahun) anak harus mampu berpisah dengan orangtuanya untuk beberapa jam. Tidak jarang ketika masuk tahun ajaran baru sekolah-sekolah khususnya TK dan SD akan sangat ramai oleh orang tua yang mendampingi anak-anaknya.

Suara tangis anak pun tidak jarang terdengar dari ruangan kelas. Namun, hal ini tidak terjadi pada semua anak ya Bun. “Kenapa ya kira-kira ada anak yang menangis ketika masuk ke sekolah yang baru?”. Ada hal yang sangat penting untuk diperhatikan oleh orangtua sebelum memasukkan anaknya ke sekolah baik TK maupun SD. Ya, betul sekali proses dan kemampuan adaptasi setiap anak akan berbeda-beda. Hal ini merupakan sesuatu yang penting namun seringkali dilupakan oleh orangtua. Jika seorang anak sebelumnya sering berada di dekat orangtua atau di rumah, kemudian mereka dihadapkan pada situasi berbeda dimana  mereka harus terjun secara mandiri ke dalam lingkungan sosial. Bagi anak yang pertamakali masuk SD juga akan mengalami hal yang sama, namun hal ini lebih disebabkan oleh perubahan suasana sekolah yang cukup drastis. Ketika di TK anak lebih merasa senang dan nyaman dengan lingkungan belajarnya yang berwarna-warni dan dihiasi beberapa mainan seperti: ayunan, perosotan dan playground. Kemudian ketika anak memasuki SD mereka melihat suasana belajar yang serius dan kurang menyenangkan.

Hal-hal yang telah disebutkan diatas ternyata cukup mempengaruhi kondisi anak dan suasana hati anak ketika ia memasuki sekolah yang baru. Oleh karena itu orangtua diharapkan mempersiapkan anak sebelum memasuki sekolah yang baru. Ada banyak hal yang dapat dilakukan, misalnya untuk mempersiapkan anak memasuki jenjang pendidikan TK orangtua boleh memanfaatkan kesempatan free trial yang diberikan oleh sekolah. Tidak ada salahnya orangtua melakukan free trial dibeberapa sekolah, hal ini dilakukan untuk mempersiapkan si buah hati untuk mengenal seperti apa sekolah TK, apa yang dilakukan, seperti apa sekolah itu, dan juga memperkenalkan kepada anak kalau di sekolah anak harus berpisah dengan orangtua karena di sekolah ada guru yang mendampingi. Selain memanfaatkan free trial, orangtua juga dapat menyampaikan penjelasan kepada anak secara sederhana melalu bercerita mengenai sekolah TK, dan membawa anak beberapakali mengunjungi sekolah TK. Hal ini untuk membuat anak mengerti seperti apa sekolah dan apa yang dilakukan. Anak juga bisa melihat anak-anak di sekolah yang bisa menimbulkan rasa bahagia dan semangat setelah melihat kegiatan di sekolah TK.

Jika anak hendak memasuki sekolah SD, orangtua dapat mempersiapkan dengan hal yang serupa yaitu membawa anak ke sekolah SD dan melihat kegiatannya disana. Orangtua juga menjelaskan bahwa di SD sudah tidak ada yang menangis saat berpisah dengan orangtua. Di sekolah SD juga anak akan mempelajari pelajaran yang baru dan  mungkin guru yang mengajar pun akan berganti-ganti. Ketika anak merasa cemas atau khawatir orangtua tetap memberikan dukungan di hari pertama sekolah dengan mengantar anak hingga masuk kelas dan memberikan apresiasi ketika anak berhasil masuk kelas dan mengikuti kegiatan di hari pertamanya.

Wah ternyata hal sederhana ini bisa membantu anak untuk lebih percaya diri dan nyaman di lingkungan sekolah yang baru. Selamat mencoba untuk Ayah dan Bunda !.

Share this post

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print