Previous
Next
c

Menabung untuk pendidikan anak

Ketika sudah menikah dan berkeluarga pasti setiap pasangan punya segudang kebutuhan wajib yang harus terpenuhi yang lebih banyak dibandingkan pada saat hidup sendiri. Terutama ketika sudah memiliki anak, ada banyak biaya tambahan yang menjadi kewajiban utama orangtua. Yup, betul sekali selain kebutuhan sandang, pangan, dan papan, biaya pendidikan juga wajib dianggarkan sejak pasangan menikah. Menyiapkan biaya sekolah tidaklah mudah, coba kita lihat biaya sekolah saat ini. Bisa dibilang uang pangkal untuk level Taman Kanak-Kanak swasta favorite saja berada diangka 6-10uta. Bukan angka yang kecil dan dan mudah jika tidak disiapkan sejak jauh-jauh hari.

Sebagai orangtua muda, saya dan pasangan mencoba memaksakan diri untuk mengumpulkan sedikit demi sedikit biaya untuk pendidikan anak kelak. Ingat “membuat anggaran/tabungan sekolah anak jangan ketika tahun depan anak kita mengikuti pendidikan” alangkah lebih baik jika disiapkan sejak pasangan menikah.

  1. Bukan seberapa besar nominal yang bisa kita sisihkan, walau sedikit yang bisa kita simpan dari penghasilan dalam jangka waktu tertentu kita akan merasakan manfaat dari menyisihkan penghasilan untuk kebutuhan pendidikan anak.
  2. Jika suami dan istri bekerja diharapkan masing-masing pasangan memiliki visi dan misi yang sama untuk menabung. Suami dan istri harus bersinergi dan bekerja sama sebagai partner untuk mempersiapkan masa depan anak. Keterbukaan, dan komitmen menjadi pilihan dan keputusan yang diambil dalam menabung untuk masa depan anak
  3. Menentukan prioritas yang sama dalam keluarga, suami dan istri harus secara sadar menentukan prioritas utama bekerja adalah untuk kesejahteraan kehidupan rumah tangga bukan yang lain, yaitu : si ayah, ibu dan anak. Jika kesejahteraan keluarga sudah ada maka boleh membagikan untuk menolong orang lain. Saya perlu tegaskan bahwa memberi itu perlu dan harus sebagai ucapan syukur kita kepada orangtua dan keluarga. Namun, harus disesuaikan dengan kemampuan atau perekonomian keluarga itu sendiri.
  4. Jika orangtua memiliki cita-cita untuk menyekolahkan anak di sekolah Favorite maka tidak ada salahnya untuk mencaritahu biaya sekolah dari sekolah yang diinginkan. Tentunya harga sekolah menentukan kualitas dari sekolah itu sendiri.
  5. Jika Moms and Dads termasuk tipikal yang sulit menyisihkan penghasilan boleh mencoba kegiatan menabung dengan sistem auto debet. Metode menabung model ini sangat cocok untuk orang yang sulit menyisihkan penghasilannya. Secara tidak langung dana yang tersimpan akan langsung tersimpan dengan baik.

Perlu diperhatikan Moms, and Dads menabung tidak akan pernah mendatangkan kerugian bagi kita terutama bagi masa depan anak kita. Oleh karena itu tidak ada salahnya jika mengekspresikan kasih sayang kita kepada anak- anak dengan kegiatan menabung untuk masa depan anak. Selamat menabung untuk si buah hati!.

Share this post

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print