Previous
Next
Puasa-Uang-1200x750

Mengajarkan Berpuasa dan Menikmatinya Bersama Si Kecil

Saat ini kita sudah memasuki bulan puasa, dimana seluruh umat Muslim menjalankannya dengan menahan lapar dan haus. Mungkin, ada beberapa anak yang juga mulai belajar menjalankan ibadah puasa dengan melakukan puasa setengah hari. Hal ini tergantung dari masing-masing keluarga sejak kapan akan melibatkan anak dan mengajarkan anak untuk belajar berpuasa. Namun, hal yang paling penting untuk disampaikan kepada buah hati adalah makna dari bulan puasa, dan tujuan dari melakukan puasa. Anak harus mengetahui mengapa kita harus menahan lapar dan haus, selain itu juga banyak hal-hal lain yang mengandung makna kebaikan yang perlu kita lakukan. Sesederhana mungkin orangtua dapat menyampaikan penjelasan tersebut kepada anak, sehingga saat menjalankannya anak sambil belajar memaknainya.

Di rumah anak-anak juga dapat dilibatkan dalam setiap kegiatan yang menjadi tradisi saat berpuasa, misalnya: menyiapkan makanan untuk sahur, atau pada saat menjelang berbuka puasa. Bunda bisa mengerjakan banyak hal di rumah sambil melibatkan anak, dan kesempatan ini pun dapat menambah pengetahuan anak dan penghayataan bagi anak yang mulai belajar berpuasa. Ayah dan Bunda dapat bersama-sama mengajak si buah hati untuk beribadah bersama. Selain untuk meningkatkan penghayatan anak terhadap puasa yang dilakukan, hal ini juga dapat meningkatkan ikatan atau bounding antara ayah, bunda dan si buah hati. Jadi kebersamaan terjadi tidak hanya pada saat makan sahur dan menikmati takjil setelah berbuka puasa aja, setiap kegiatan yang dilakukan dapat memberikan makna tersendiri bagi si buah hati.

Selain mempersiapkan sahur dan berbuka, Bunda juga dapat melibatkan anak untuk mulai mencicil membereskan rumah dan mempersiapkan membuat kue-kue kecil untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri. Dengan melakukan banyak kegiatan di bulan puasa dan melibatkan anak hal ini dapat memberikan banyak manfaat dan pengalaman untuk si kecil. Dengan meningkatkan kualitas ibadah, memperkuat bonding, dan melakukan kegiatan menyenangkan lainnya yang dapat meningkatkan kedekatan anak dengan orangtua. Selamat menjalankan ibadah puasa bersama keluarga!.

Share this post

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print