Previous
Next
okt-1

Mengatasi Si Usil Dirumah

Pernah enggak sih, kita bingung banget menghadapi perilaku si dua tahun yang ‘pecicilan’ dan enggak tau maunya apa? Usil dan jail pada saudaranya, atau bahkan kepada semua orang. Di rumah semuanya diacak-acak dan kalau bisa sih, apa saja yang dibilang ‘jangan’ malah dilakuin. Rasanya kepala panaaaas ya?

Jadi, kemungkinan besar penyebab anak rewel, usil dan gratil itu, menurut Psikolog anak dari Klinik Rainbow Castle, Devi Sani, adalah karena anak bosan. Jadi, ada karakter anak yang memang amat kritis, dan senangnya disibukkan kegiatan yang penuh tantangan. Kalau dalam satu hari itu, anak lain merasa sudah cukup, dia belum.

Hal ini wajar kok, dan memang ada beberapa anak yang seperti itu. Jadi solusinya?

Menurut ibu Devi, solusinya ada beberapa:

  • Berikan kegiatan tambahan yang memacu semangatnya dan menghabiskan tenaganya.

Misalnya ajak lari-lari di halaman, atau bantu-bantu dirumah. Misalnya bantu lap kaca, bantu beresin piring (yang plastik ya jangan yang kaca), bantu sapu-sapu rumah.

  • Berikan kegiatan yang menantang, namun kita tau dia sebetulnya masih bisa.

Jadi bukan yang susah-susah seperti koprol dengan satu jari, atau lompatin dinding ya. Misalnya kasih bantal dua tumpuk. Lalu ajak dia melompat. Kalau bisa, tambahin bantalnya.

  • Berikan kegiatan yang terstruktur.

Jadi, ketika main lompat bantal tadi, ajak dia melakukannya dengan hitungan. Misalnya “Ayok adek lompat, setelah hitungan tiga yaaa…1,2, 3 lompaat!” ajak dia mengulang kegiatan kalau melompat sebelum hitungan tiga.

Biasanya, setelah diberi kegiatan, ia akan lebih tenang karena energinya habis dan rasa penasarannya terpuaskan.

Anak-anak yang super aktif dan kritis ini, bukan nakal ya. Mereka hanya butuh lebih banyak ketimbang yang lain. Maka artinya kita diberikan anugerah lebih oleh Tuhan untuk lebih banyak bergerak bersamanya. Enak kan ayah dan bunda? Justru mereka bikin kita lebih sehat dan bahagia.

Lho, iya dong, kan salah satu resep kebahagiaan adalah tubuh yang bugar. Dan hal ini bisa didapatkan dengan banyak bergerak…

Share this post

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print