Previous
Next
MENGENAL-SI-PENURUN-PANAS-1200x659

MENGENAL SI PENURUN PANAS

Hampir semua orang tua tahu apa itu antipiretik atau biasa dikenal dengan penurun panas. salah satunya adalah parasetamol atau asetaminofen. Bisa dibilang, parasetamol dalam sediaan cair adalah salah satu obat wajib yang harus tersedia di rak obat di rumah dan menjadi bekal setiap orang tua ketika menghadapi anak demam.

Sebetulnya apa sih obat demam atau penurun panas itu? apakah semua orang tua tahu cara pakainya? Atau selama ini cukup dengan membaca petunjuk penggunaan di kemasan saja? Benarkah aturan pakai nya?

Apa itu si penurun panas?

jadi, parasetamol (asitaminofen) menurunkan set poin di hipotalamus kembali normal, melalui penghambatan pembentukan prostaglandin E2.

Nah, sebenarnya bolehkah memberikan antipiretik kepada anak yang demam?

Sebelum memberikan obat apapun, ingatlah bahwa semua obat memiliki efek samping. Pemberian antipiretik berlebihan, khususnya pada kondisi anak yang sebenarnya tidak demam berisiko menyebabkan kerusakan organ hati.

Lagipula, tahu kan, bahwa antipiretik diberikan untuk membuat anak yang demam menjadi lebih nyaman dan tidak rewel saja, bukan untuk segera menurunkan suhunya.

Lebih kenal dengan antipiretik

Biasanya antipiretik akan diberika ketika suhu badan anak diatas 38 derajat celcius. Tapi benarkah demikian? Nah, sebetulnya menyikapi hal ini, banyak ahli bersepakat saat ini pemberian antipiretik kan tujuannya agar anak merasa nyaman. Artinya, kalau anak suhu badannya  39 derajat celcius tapi masih bisa main, dan gak rewel, maka gak perlu buru-buru memberikan antipiretik.

Kejang demam kalau tidak minum penurun panas? enggak. Tidak ada hubungan antara tingginya suhu tubuh dengan risiko kejang demam. Sebab kejang demam hanya dialami oleh mereka yang memiliki ‘bakat’ untuk terjadi kejang demam. Lagipula, kejang demam tidak merusak otak.

Dan antipiretik tidak dapat mencegah terjadinya kejang pada mereka yang mempunyai bakat kejang.

Antipiretik atau gendong?

Namanya anak-anak, ya seringkali tidak mau minum obat jenis apapun. Kalau dipaksa minum, malah dimuntahkan. Lalu anak menangis karena kesal. Jadi, jika hal ini terjadi, enggak perlu dipaksa ya.

Seringkali antipiretik juga tidak berhasil menurunkan suhu dan menyamankan anak, kok. Toh, tanpa diberikan antipiretik apapun, tubuh akan menurunkan sendiri suhu tubuhnya. Kita kan punya thermostat di hipotalamus yang mengatur suhu tubuh tidak akan ‘bablas’ ketinggiian. Pada suhhu maksimal tertentu, tubuh akan menurunkan sendiri demamnya.

Nah, kalau anak menolak minum tapi masih rewel? Gendong, peluk, bacakan cerita dan pastikan anak cukup minum. Karena hal yang paling dikhawatirkan dari demam adalah dehidrasi (kekurangan cairan tubuh) yang terbuang oleh panas.

Share this post

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print