Previous
Next
Nilai-Positif-Merayakan-Kartini

Nilai Positif Merayakan Hari Kartini Bagi Anak-Anak

Setiap tanggal 21 April kita memperingati hari Kartini. Sudah menjadi budaya dan kebiasaan ketika sekolah anak-anak memakai pakaian adat saat merayakan Kartini di sekolah. Ternyata lebih dari itu, banyak nilai positif yang bisa dilakukan saat memperingati hari Kartini untuk anak-anak. Jika saat ini buah hati sudah duduk di bangku sekolah pasti sudah semakin pintar dan cukup kritis bertanya apa saja mengenai hal-hal yang ingin ia ketahui, termasuk soal peringatan Hari Kartini. Pertanyaan tentang sosok pahlawan perempuan dan jasa-jasanya meluncur dari mulutnya. Sebagai orangtua Ayah dan Bunda tentu harus bisa memberikan jawaban yang tepat dan mudah dipahami oleh anak-anak. Selain itu, peringatan Hari Kartini dapat menjadi wahana dalam menerapkan pendidikan karakter untuk anak usia dini. Kira-kira  nilai-nilai apa saja yang bisa disampaikan kepada anak saat peringatan Hari Kartini?

Berikut ini saya akan membagikan beberapa nilai yang bisa diajarkan kepada si Buah Hati dalam kehidupan sehari-hari. Ayah dan Bunda bisa membuka dengan pertanyaan “Siapakah R.A Kartini?”, “Apakah adik tahu apa yang ia lakukan sehingga kita merayakan Hari Kartini?”. Ayah dan Bunda dapat  yang mengusung emansipasi perempuan? Ibu R.A Kartini jasa-jasanya begitu besar bagi kemajuan perempuan Indonesia dan patut menjadi teladan kita. Ibu R.A Kartini juga memperjuangkan kaum perempuan untuk mendapatkan pendidikan seperti: membaca, menulis, berhitung dan lain sebagainya. Beberapa nilai yang dapat orang tua ajarkan kepada anak dari peringatan Hari Kartini :

Kemandirian

Semenjak kecil, Adik belajar kemandirian, seperti: memakai baju, mandi, makan, dan membereskan mainan sebaiknya dibiasakan untuk dilakukan sendiri agar tidak membuatnya menjadi anak yang manja. Kartini kecil pun bukan anak yang manja, walaupun ia merupakan anak keluarga berada namun ia gigih dan mandiri dalam mencapai cita-citanya.

Cinta Tanah Air

Ibu R.A Kartini adalah pahlawan wanita yang mencintai tanah airnya. Kita sebagai orang Indonesia harus mencintai beragam budaya bangsa yang kita miliki, seperti: tari-tarian daerah, lagu daerah, dan lagu nasional. Mencintai makanan Indonesia juga termasuk mencintai tanah air kita. Disini Ayah dan Bunda bisa menggunakan bantuan gambar tari-tarian, rumah adat, dan memperkenalkan berbagai makanan khas Indonesia kepada anak.

Berani

Anak perempuan berbeda dengan anak laki-laki namun, bukan berarti harus menjadi penakut bukan? Ibu R.A Kartini pun berani memperjuangkan nasib kaum perempuan di Indonesia yang pada masa lalu sering mengalami diskriminasi. Ayah dan Bunda bisa melatih Adik untuk bersikap berani, seperti berani menolak ketika temannya ingin bersikap buruk kepadanya, berani menolak ajakan teman melakukan perbuatan yang tidak benar, dan berani mengungkapkan keinginannya.

Semangat Belajar

Ibu R.A Kartini adalah sosok perempuan yang cerdas, ia tak malas belajar bahkan memiliki semangat yang besar untuk memberantas kebodohan dengan mendirikan sekolah untuk perempuan Indonesia. Semangat ini harus Anda tularkan kepada Adik. Dengan rajin belajar, cita-cita yang diinginkannya pun akan terwujud. Berikan motivasi kepada si Kecil agar rajin belajar untuk meraih cita-citanya.

Share this post

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print