Previous
Next
Omega-3-membuat-sistem-imun-anak-anak-menjadi-lebih-pintar

Omega 3 membuat sistem imun anak-anak menjadi lebih pintar!

Sistem imun, atau daya tahan tubuh manusia adalah salah satu kunci penting untuk pertumbuhan, baik tubuh maupun otak. Nah, salah satu yang paling bergantung pada daya tahan tubuh adalah upaya pencegahan alergi.

Banyak banget kan keluhan alergi sekarang ini. Dari asmatik bronkitis, gastroenteritis, colitis, dermatitis dan bahkan arthritis. Keluhan ini semakin marak terjadi, dan ini semua berawal dari lemahnya sistem imun. Kok bisa? Ya karena makanan yang dikonsumsi pun makin enggak sehat. Makanan asli yang sehat kan memberikan asupan penting bagi sistem imun, makanya berdampak amat baik untuk otak dan tubuh.

Fakta pentingnya, menurut Dr William Sears, anak-anak dengan masalah perilaku pun cenderung mengalami alergi.

Nah, disini pentingnya asupan OMEGA 3. Soalnya, omega 3 bukan hanya memenuhi kebutuhan struktural dan fungsional dalam otak; namun juga membangun sistem imun.

Terlalu sering mengonsumsi junk food atau makanan pabrikan, membuat sistem imun dalam tubuh kita salah menyerang. Harusnya menyerang kuman asing, ini malah menyerang jaringan sehat dalam tubuh. Makanya terjadi alergi. Naaaah…omega 3-lah yang membantu sistem imun mengembalikan sinyal sistem imun agar enggak salah menyerang.

Omega 3 ada dimana?

Ikan! Iya jelas, ikan laut yang gendut itu banyak mengandung Omega 3. Tapi takut merkuri, dong? Iya, memang sekarang ikan laut rawan banget tercemar, tapi menurut buku Nutrition Deficit Disorder Tulisa dr William Sears, sebisa mungkin cari ikan yang aman. Misalnya yang memang tangkapan liar, atau ikan segar yang tidak impor.

Beli ikan sambil main ke pantai Lombok, misalnya? Hehehee..

Kenapa ikan liar? Soalnya mereka berenang jauh dengan otot yang kuat, dan makan makanan alami seperti tumbuhan laut. Sementara ikan di penangkaran kan makan dedak dan enggak banyak bergerak. Jadi jelas yang liar lebih sehat. Tapi dimasaknya juga enggak digoreng sampe kriuk dengan tepung dan tenggelam di minyak panas ya. Banyak lho cara lain memasak ikan; dikukus, di pepes, di-sop, dan sebagainya.

Kalau masih khawatir, omega 3 juga banyak terdapat di bij-bijian. Sekarang udah banyak dijual di pasaran kan flaxseed atau flaxseed oil. Satu sendok makan, baik biji maupun oil, dicampur ke makanan atau jus anak bisa membantu juga kok. Kacang-kacangan dan minyak zaitun juga mengandung omega 3 ya, ayah dan bunda.

Kalau omega 6?

Nah, lemak yang satu ini juga baik sebenarnya. namun, harus dikonsumsi seimbang dengan omega-3, enggak boleh melebihi. Kenapa? Jadi begini ceritanya..

Omega 6, memberi makan pasukan militer. Sementara omega 3, fungsinya memberi makan tim perdamaian. Keduanya adalah lemak baik, tetapi, ketika omega 6 lebih banyak dikonsumsi, maka tubuh mengubah mode-nya menjadi mode perang, dan mulai menyerang jaringannya sendiri.

Ini dia yang mengakibatkan asma, eczema, dan berbagai alergi lainnya. Omega 6 ini seperti pemimpin geng, kalo terlalu banyak, jadi berantem terus.

Omega 6 ada dimana sih? Lemak hewani, seperti daging-dagingan. Lalu ada di produk-produk yang digoreng sampe kriuk, fast foods, roti, minyak jagung, minyak kedelai, minyak bunga matahari, minyak sawit, minyak biji kapas.

Selain alergi, kebanyakkan omega 6 juga bikin masalah lain seperti masalah perilaku; lebih agresif, impulsive dan pemarah. Masalah mood; mudah sedih, tidak tenanng. Masalah penglihatan, dan performa buruk di sekolah.

Share this post

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print