Previous
Next
Peduli-saling-berbagi-dan-mengasihi-1-1200x800

Peduli, saling berbagi dan mengasihi

Bagaimana melibatkan si kecil dalam kegiatan sosial?? misalnya kegiatan santunan, buka puasa bersama, pembagian sembako, atau berbagai aksi sosial lain. Nah, bagaimana sih cara mengajarkan konsep berbagi pada anak-anak?

Berikut cuplikan tulisan dari Mbak Belinda Agustya M.Psi Psikolog, sila disimak

Pengenalan proses berbagi kepada anak diawali dengan latihan di dalan lingkungan keluarga : latihan menunggu giliran. Anak-anak diberikan kesempatan untuk terlibat dalam pembuatan kesepakatan keluarga tentang beberapa poin :

  • Sebagian besar barang di keluarga ini adalah MILIK BERSAMA. Jika ada yang menginginkan hal yang sama, bergantian
  • Dalam keluaga, orang yang sedang menggunakannya bisa memutuskan seberapa lama gilirannya untu menggunakannya.
  • Fase “gantian” mulai baru lagi setiap pagi. JADI, tidak ada yang harus menunggu giliran sampai SEHARIAN PENUH.
  • Tiap anggota keluarga ini punya barang yang sangat berharga bagi dirinya. Anggota keluarga lain harus minta izin sebelum menggunakan. Biasanya di taruh di tempat yang spesial, biar semua tahu kalau ini bukan barang sembarangan.
  • Jika ada yang bertamu, kita singkirkan barang-barang yang bagi kita sulit untuk dibagi. Saat ada tamu, kita bergiliran singkat, jadi semua dapat giliran sebelum waktunya tamu pulang.

Tahap berikutnya ketika anak harus menunggu giliran, berikan ketenangan bagi anak dengan refleksi (“pasti capek ya dek harus nunggu”) kemudian berikan pelukan (jika anak menangis krn “ngotot” ingin jadi giliran pertama) atau mengajak melakukan aktivitas yang lain terlebih dahulu sambil menunggu mainan yg diinginkannya.

Anak juga bisa diajak negosiasi misalnya, misalnya:  Oke anak harus menunggu untuk bermain mainan yang diinginkan tapi nanti malam mainan bisa tidur disampingnya (kompensasi karena harus menunggu lebih lama), tp besok nya sudah mulai dengan aturan baru.

Awalnya mungkin sulit, tapi kami percaya Ayah dan Bunda akan saling menguatkan dan memberi semangat J. Mari berbagi, saling peduli!

Share this post

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print