Previous
Next
Perbedaan-Laki-dan-Perempuan-1200x637

Pendidikan Seks Bagi si Kecil – THE SERIES #2

Perbedaan laki-laki dan perempuan

Hai ayah dan bunda, ketemu lagi di seri Pendidikan seks bagi si kecil. Kali ini, yuk kita baca bagian 2-nya, hal penting yang juga harus diajarkan adalah perbedaan mendasar pada laki-laki dan perempuan.

Karena, biasanya pada usia balita anak-anak enggak bisa membedakan antara laki-laki dan perempuan, bukan? Biasanya anak-anak lebih sering membedakan orang sesuai fungsinya; misalnya ayah dan bunda. Kakek dan nenek, dan lain-lain. Setelah itu mereka siap menerima informasi tentang perbedaan laki-laki dan perempuan.

Cara yang paling mudah untuk mengajarkan anak tentang perbedaan kelamin ini, bisa dilakukan dengan:

  1. Ayah ganteng karena laki-laki, bunda cantik karena perempuan. Atau bunda pakai jilbab karena perempuan, ayah tidak. Atau bunda suka dandan karena perempuan, ayah tidak. Pokoknya sesuatu yang bisa terlihat dari luar.
  2. Semakin bertambah usia, anak akan bisa diperkenalkan dengan sistem reproduksi dan organ seks pada laki-laki dan perempuan. Oh, iya, sebaiknya memang menggunakan nama aslinya saja. Kenapa? Biar anak mudah menjelaskan kepada orang lain jika terjadi sesuatu dan tidak terkesan “jorok”.
  3. Memberikan pemahaman bahwa reproduksi berarti menghasilkan keturunan. Jadi alat reproduksi berguna untuk melestarikan keturunan untuk menghasilkan generasi penerus.
  4. Apa saja yang harus diperkenalkan? Mulai memerkenalkan “penis” dan “vagina”. Bahkan jelaskan juga soal testis atau buah zakar, yang fungsinya memproduksi sperma. Plus jelaskan mengenai fungsi vagina sebagai jalan keluar darah menstruasi dan untuk melahirkan.

Aaaahh tapi rasanya masih aneh?

Iya, pasti akan terasa aneh, karena kita terbiasa dengan menjadikan hal-hal tersebut sebagai sesuatu yang tabu dan tidak boleh diomongin.

Tapi lihat apa yang terjadi? Cari tahu sendiri, dan salah. Berbagai perilaku seks yang tidak sesuai norma, hingga kejahatan-kejahatan seksual. Jadi mendingan mana?

Buku atau video

Nah, karena hari gini semua udah serba canggih, kita bisa lho cari video edukasi seks di berbagai channel. Atau bacakan juga buku-buku bergambar dengan cerita yang lucu. Emang ada?

Ada nih, satu ya kami review. Nantikan!

Share this post

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print