Previous
Next
12-agust-12.00-Pendidikan-Seks-Bagi-si-Kecil-1200x1200

Pendidikan Seks Bagi si Kecil – THE SERIES #4

Berganti Baju di tempat umum

Anak yang sudah mulai besar, apalagi sudah mulai bersekolah, biasanya banyak kegiatan yang membutuhkan sesi ganti baju. Tampil di panggung, les renang, atau kegiatan olahraga di sekolah. Nah, sayangnya, fasilitas yang disediakan di berbagai tempat kadang ada yang kurang mumpuni.

Tapi masa iya si anak boleh ganti baju didepan umum? Trus harus gimana dong?

Prinsip praktis

Supaya mengantisipasi minimnya fasilitas toilet atau kamar ganti yang disediakan di kolam renang, pakaikan saja baju renang dari rumah. Setelah itu dilapisi dengan pakaian biasa agar tidak perlu repot-repot mencari kamar ganti.

Toilet umum

Usai berenang, biasakan mandi dan berganti baju di ruang bilas tertutup. Berlaku baik bagi anak laki-laki maupun anak perempuan. Meski jika kepepet, anak laki-laki masih bisa bilas di pancuran di luar, namun tetap mengenakan celana renangnya.

Begitu juga jika mengikuti kegiatan panggung yang diselengrgarakan di tempat ramai. Upayakan tetap mencari toilet umum untuk urusan berganti pakaian. Meskipun letaknya agak jauh dari tempat acara. Anak laki-laki bisa mengganti baju bagian atas di luar toilet, namun pastikan ia mengenakan kaos dalam.

Sarung!

Pada beberapa acara, biasanya panitia menyediakan ruang ganti. Meski ada juga yang tidak. Bila disediakan, biasanya ruangan tersebut digunakan bersamaan antara pria dan wanita. Nah, saat mengikuti acara, pastikan kita membawa sarung.

Gunanya sebagai penutup darurat saat anak hendak berganti baju. Setelah selesai, jangan berlama-lama berada di ruangan tersebut agar anak tidak melihat hal yang tidak seharusnya dilihat.

Jangan anggap ia masih kecil

Iya, meskipun kita menganggap anak masih kecil dan saat itu sedang dalam keadaan darurat untuk berganti pakaian, alangkah baiknya selalu menjaga tubuh anak tidak banyak terlihat di tempat umum. Sebab ada banyak kemungkinan buruk yang bisa terjadi.

Share this post

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print