Previous
Next
28-agust-20.00-Artikel-rumah-Ingin-dapur-Kinclong-Begini-caranya1-1200x1200

Pengen dapur kinclong? Begini caranya..

Kalau zaman dulu, kita terbiasa dengan dapur bersih dan dapur kotor. Tetapi di era sekarang, saat kebanyakan dari kita tinggal di lahan terbatas, tentu enggak terbiasa lagi dengan dapur bersih dan dapur kotor.

Bahkan, dapur sekarang jadi bagian penting dari rumah, ketika teman dekat atau saudara bisa ngumpul bareng duduk-duduk dan ngobrol di dapur. Sambil si empunya rumah nyiapin minum atau makanan.

Nah, karena dapur sudah jadi bagian penting yang keliatan, maka, jangan sampe dong dapurnya lengket-lengket dan bau, ya kan? Apalagi nih, sebenernya bersihin dapur itu enggak perlu alat khusus dan bahkan pembersih kimia, lho.

Asalkan; dibersihkan secara rutin dan enggak ditunda-tunda. Jadi, selesai masak ya langsung di bersihin!

Berikut ini ada tips-tips bikin dapur kinclong:

Perawatan Meja Dapur (Surface)

  • Meja dapur yang terlapisi atau terbuat dari granit bisa dilap biasa dengan spons dan sabun. Atau bisa juga dengan cuka dicampur air dan dielap rata hingga kering langsung ke bagian yang terkena kotoran membandel.
  • Bersihkan meja besar dengan dua lap di setiap tangan. Satu untuk membersihkan. Satu untuk mengeringkan.
  • Untuk membersihkan meja dari kuman-kuman, gosok perlahan permukaan meja secara rutin dengan garam. Atau, bisa juga bikin campuran 4 sendok makan (60 ml) baking soda dan 2 sendok makan (30 ml) air lemon.
  • Ketika membersihkan cabinet, baik bagian luar maupun dalam, bisa lho menambahkan cuka didalam air sabun untuk membersihkan noda-noda yang bandel.

Perawatan Bak Cuci (Sink)

  • Buat campuran air dan sabun ditambah kulit kentang, air lemon atau baking soda untuk benar-benar membersihkan noda di sink.
  • Untuk bak cuci yang mulai berubah warna? Tenang! Taburkan baking soda dan sedikit air, diamkan sejenak lalu gunakan air perasan lemon/jeruk nipis dan spons cuci piring dan gosok perlahan hingga warna kembali terang.

Perawatan Kompor

  • Segera setelah selesai masak, langsung semprot kompor dengan air dan lap sampai kering. Jadi bekas masakan tidak menempel terlalu lama
  • Kalau ada sisa makanan yang menempel pada kompor dan terbakar, ada triknya kok. Diamkan dulu hingga bagian panas menjadi dingin, rendam lap bersih didalam air sabun dan tempelkan di bagian kotor tadi, diamkan selama 2 jam. Setelah itu, lap hingga kering.
  • Kalau noda gosong tadi masih membandel, hangatkan sedikit bagian yang terkena makanan dan menempel, lalu taburkan sedikit baking soda kemudian gosok perlahan dengan spons. Lap hingga bersih
  • Membersihkan bagian yang terhubung dengan gas juga penting, namun ingat gunakan lap yang lembab saja (jangan terlalu basah) dan lakukan dengan rutin. Ingat juga selalu lap kering usai membersihkan dan gunakan sarung tangan.

 

Perawatan Oven dan Grill

  • Sehabis memasak, saat oven sudah dimatikan tapi masih panas, masukkan mangkuk tahan panas berisi air panas kedalamnya dan tutup oven hingga dingin. Tujuannya agar suhu didalam oven jadi lembab dan mudah di lap hingga bersih.
  • Selalu siapkan Loyang atau alas alumunium foil ketika memanggang dengan panci. Ini akan mencegah oven lengket dengan lemak-lemak masakan ketika panci meletup didalam oven.
  • Untuk menghilangkan sisa makanan yang terbakar didalam oven, gunakan garam dan lap dengan tisu dapur atau kertas koran kering, ketika oven masih dalam keadaan hangat. Setelah itu gunakan kain basah untuk mengambil partikel-partikel kecil yang tersisa sehingga bisa bersih semua.
  • Membersihkan Loyang yang lengket-lengket pun bisa dengan disiram air bersih, lalu direndam sejenak dengan air sabun. Kemudian gosok dengan spons. Kalau masih ada noda membandel, gunakan garam dan minyak bersih dan gosok perlahan.
  • Jika ada gula terbakar dan menempel di Loyang, gosok dengan kertas koran dan garam. Kemudian cuci seperti biasa dengan sabun dan air.

Share this post

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print