Previous
Next
PENTINGNYA-KETERLIBATAN-ORANGTUA-DALAM-PENDIDIKAN-ANAK-1200x677

PENTINGNYA KETERLIBATAN ORANGTUA DALAM PENDIDIKAN ANAK

Orang tua merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam pendidikan anak, karena pusat pendidikan yang pertama adalah lingkungan keluarga. Di dalam lingkungan keluarga, kepribadian anak mulai terbentuk dengan menirukan tingkah laku orang tua dari segi bicara, sopan santun, dan disiplin. Mungkin banyak orang tua yang kurang paham akan hal ini, sehingga saat ini banyak kenakalan anak yang disebabkan karena kurangnya perhatian orang tua kepada anaknya.

Orang tua seharusnya memperhatikan tentang hal ini agar tujuan pendidikan bagi anak terwujud dan semua itu harus di mulai sejak dini. Mungkin banyak orang tua yang mampu memenuhi kebutuhan materi anak tetapi kebutuhan pendidikan tidak pernah tercapai. Anak dibiarkan saja tumbuh tanpa tuntutan norma yang pasti, terkadang hal demikian tidak disadari oleh orang tua.

Hasil dari peran orang tua dalam pendidikan tersebut sangat membantu perkembangan seorang anak menjadi lebih baik dalam segala hal, terutama dalam pendidikan. Pendidikan sendiri nantinya akan berhubungan dengan kondisi mental dan juga kondisi pemikiran dari sang anak.

Sebagai seorang pertama yang menjadi role model dari seorang anak, tentu orang tua wajib untuk memberikan contoh dan juga mendidik anaknya dengan sebaik mungkin dan juga disertai dengan berbagai kebenaran. Hal tersebut menjadi salah satu peran orang tua dalam pendidikan karena nantinya seorang anak akan menirukan apa yang dilakukan oleh ayah dan ibunya.

Ada baiknya memang orang tua memberikan penjelasan kepada anaknya dengan bahasa yang mudah dimengerti sehingga si anak tidak bingung dan malah membuat pertanyaan baru. Oleh karena itu peran orang tua dalam pendidikan harus dapat membuat anak paham akan penjelasan-penjelasan tersebut.

Peran orang tua dalam pendidikan dengan mendidik anak anda untuk mematuhi setiap aturan yang ada dan tidak terpengaruh dengan lingkungan sosial yang buruk, maka nantinya anak anda akan menjadi seorang dengan pribadi yang baik dan dapat berlaku dengan santun.

Dengan memberikan pendidikan yang baik dan juga pola asuh yang baik pula maka si anak akan ikut mencontoh perbuatan baik, dan begitu pun sebaliknya.

Share this post

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print