Previous
Next
Pentingnya-Menjaga-Kewarasan-Membagi-Waktu-Dengan-3-Anak-1200x694

Pentingnya Menjaga Kewarasan: Membagi Waktu Dengan 3 Anak

Dalam perjalanan Roots Childcare, ada seorang ibu yang pernah bercerita bahwa dirinya, setiap hari, harus bangun dalam kondisi setengah sadar. Dengan tubuh yang super Lelah, ia harus langsung menyiapkan kebutuhan tiga orang anak yang dua diantaranya bahkan masih balita. Belum lagi keperluannya sendiri, untuk berangkat bekerja. Bukan sekali dua kali, ia ketinggalan benda-benda penting seperti ponsel, charger laptop bahkan dompet.

Rasanya tidak pernah melihat dirinya ikut makan malam Bersama dan mengobrol santai ketika pulang kerja. Ia selalu melesat bagaikan kilat, menuju pulang dan kembali lagi memenuhi kewajibannya sebagai ibu. Menjadi ibu dari tiga orang anak dan tetap bekerja, terdengar gila, memang. Tapi, bukan tidak mungkin.

Sebab, sebetulnya, ada satu kemampuan dasar yang wajib dimiliki oleh “ibu rempong” ini; Kemampuan mengorganisir. Lalu terapkan dengan cara seperti ini:

Konsisten melaksanakan target harian

Tidak ada yang sulit, jika Anda keep up dengan rencana hari itu. dan yang penting diingat dalam membuat rencana adalah;

  1. Bangun paling pagi. Sebelum semua orang bangun. Percayalah, Anda membutuhkan saat tenang dalam satu hari. Tarik nafas Panjang dan hembuskan, lalu siapkan segala kebutuhan sebelum nanti panik. Tas sekolah, sepatu, jaket, dan sebagainya. Lalu letakkan di ruang tamu. Kalau yang besar sudah bisa membantu menyiapkan sarapan, maka ajak dia terlibat ketika bangun.
  2. Persiapkan sejak malam. Pulang kerja, jangan lupa buka tas anak-anak, tanyakan pekerjaan rumah, lalu sediakan waktu untuk diri sendiri sebentar saja. Mandi atau sekadar menghirup udara segar, misalnya. Kemudian biasakan makan malam di waktu yang sama setiap malam, begitupun waktu tidur. bacakan buku dan nikmati waktu Bersama mereka.

Jadwalkan waktu Bersama pasangan

Jumlah Anda dan pasangan sudah kalah banyak dengan jumlah anak. karena itu, penting bagi Anda dan dia untuk menjaga hubungan, karena kecenderungan untuk menyisakan waktu berduaan menjadi semakin sedikit.

Peluklah ia lebih lama, sekali-sekali berikan kecupan mesra ketika sedang bermain Bersama anak-anak. dan jangan lupa, rencanakan waktu kencan sekali-sekali untuk menyambung kembali koneksi dengannya.

Menerapkan manajemen waktu

Rasanya punya tiga anak, sudah pasti jadi rebutan perhatian. Semua ingin diperhatikan, dan tidak mau menunggu. Nah, jika terjebak dalam situasi seperti ini, inilah pentingnya manajemen waktu yang baik. Tunjuk satu anak untuk bercerita, semua harus diam dan mendengarkan lalu berikan tanggapan. Kemudian berikan kesempatan pada anak yang lain.

Hal ini, selain membantu Anda, juga akan membiasakan ketiga anak belajar caranya menjadi pendengar dan menghargai pendapat orang lain. Tentu saja sekaligus mendapatkan perhatian yang dibutuhkan.

Mobil sebagai pusat kontrol

Hidup di kota besar yang macet, dengan tiga anak dan pekerjaan, otomatis membuat Anda lebih banyak menghabiskan waktu di jalan. Apalagi jika Anda juga harus mengantar mereka kesana kesini; sekolah, tempat les, daycare, dan sebagainya. Maka, siapkanlah mobil sebagai rumah kedua.

Siapkan playlist lagu-lagu yang memompa semangat. Kemudian, siapkan seluruh kebutuhan Anda dan anak-anak. charger, notes kecil, pulpen, first aid kit, hand sanitizer. Siapkan juga kantong-kantong diantara kursi dan konsol pusat untuk memudahkan Anda meletakkan tiket parkir, bon dan sebagainya.

Jangan lupa bawa kantong plastik, tisu basah, tisu kering, handuk. Kantong besar untuk meletakkan seluruh barang agar tidak berceceran tak karuan pun penting untuk dibawa, jadi tidak perlu repot sibuk mencari kesana kemari.

Berikan perhatian pada si sulung

Hanya karena ia yang paling tua, tak berarti ia adalah yang paling bijak. Bukan juga karena ia satu-satunya yang bisa membantu Anda mencuci baju dan piring, artinya itu harus terus menjadi pekerjaannya di rumah.

Ingatlah untuk menunjukkan rasa sayang kepada si sulung. Ia mungkin anak yang paling bekerja keras dirumah, untuk membantu yang lain, maka berikan perhatian ekstra padanya. Jangan lupa cium dan peluk serta ucapkan terima kasih. Anda sedang membersarkan seorang pemimpin, tunjukkan dukungan Anda, dan bukan berarti ia harus terus melakukan segalanya.

Share this post

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print