Previous
Next
def pic

Pentingnya Peranan Ayah dalam Tumbuh Kembang Anak

Tumbuh kembang anak identik dengan pengasuhan dari kedua orangtua di rumah. Selama ini mungkin ibu lebih banyak memperhatikan secara detail perjalanan tumbuh kembang anak, seperti: berguling, berjalan, kata pertama anak , dll. Namun, ternyata ayah juga harus hadir di dalam perkembangan anak dan sangat diperlukan, bahkan sejak anak masih berada di dalam kandungan lho!. Fungsi ayah dalam keluarga dapat menentukan bagaimana pembentukan karakter seorang anak saat dewasa, serta mendukung perkembangan kognitif, emosional dan sosial anak. Wah, ternyata ayah juga memegang peranan besar dalam perkembangan anak ya.
Figur ayah sebagai pemimpin keluarga, memberikan perlindungan, dan memiliki kekuatan yang lebih dibandingkan sosok ibu ini ternyata berdampak pada perkembangan karakter anak. Anak melihat dan mengamati ayahnya kemudian meniru perilakunya dan apa yang dipahami oleh ayah juga akan jadi pemahaman anak dan tersimpan di dalam memori jangka panjang anak. Sikap seorang laki-laki sebagai figur ayah yang kritis, tegas, berani, dan kuat membuat anak memiliki mental yang kuat dan berani juga ketika ada di lingkungan sosialnya. Selain itu dari hasil penelitian dengan hadirnya figur ayah yang sesuai fungsi membuat anak tumbuh lebih baik secara sosial dan juga akademis.
Peraturan, penanaman value dan nilai di dalam diri anak dipengaruhi oleh sikap dari kedua orangtuanya. Figur ayah yang kuat, sedikit bicara (straight to the point) dan tegas membuat anak lebih mudah menangkap apa yang disampaikan oleh anak, dan juga membuat mereka merasa kagum akan ketegasan ayah. Interaksi yang diberikan ayah dan ibu juga berbeda, anak bisa merasakan pendekatan yang bervariasi yang bermanfaat bagi perkembangan karakter anak.

Share this post

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print