Previous
Next
Okt-9

Perkembangan Otak Bayi Di Masa Kehamilan

Setiap orang tua pasti menginginkan anak yang cerdas dan kritis. Untuk itu, orang tua memang harus memberikan stimulasi pada setiap fase perkembangan anaknya. Namun, tau enggak ayah dan bunda? Ternyata perkembangan otak anak itu berkembang lebih cepat selama Sembilan bulan di Rahim ibu dibandingkan masa kehidupan anak lainnya.

Iya, ini ditulis di The Baby Book, Tulisan Dr Sears yang terkenal itu. Jadi, justru sebelum anak lahir, ada berbagai hal yang dapat dilakukan untuk mendukung tumbuh kembang anak yang optimal ya ternyata…

Jadi, menurut Dr Sears, otak berkembang sejak sperma bertemu dengan sel telur, lho! makanya, ibu hamil sebetulnya harus lebih intens menjaga kesehatan baik fisik maupun psikis. Sebab semakin baik ibu menutrisi dirinya, maka semakin baik pula-lah perkembangan otak bayinya.

Hal-hal yang dapat dilakukan oleh ibu hamil adalah memberi asupan makanan yang bergizi dan menghindari memasukkan zat yang tidak baik. Misalnya asap kendaraan, asap rokok, makanan jajanan yang tidak memerhatikan nutrisi. Ini sebabnya suami, orang tua, atau rekan kerja harus diingatkan jika merokok di hadapan ibu hamil.

Bahkan ayah, justru memegang peran penting dalam hal ini. Yakni dengan memastikan asupan gizi ibu setiap hari dengan makanan bergizi, atau memberikan pijatan-pijatan penuh kasih sayang agar ibu tenang dan bahagia. Sebab hamil kan pegal, ya buuuk..

Bahkan ada ya beberapa budaya di dunia yang memberlakukan kebiasaan untuk lebih banyak belajar ketika ibu sedang hamil. Jadi, ketika sedang mengandung, ibu justru diberikan banyak tugas untuk mengulang pelajaran saat sekolah seperti matematika, fisika, kimia dan sebagainya. Bahkan membacakan cerita dan berbagai buku literatur pun disarankan.

Wah, asal jangan sampai ibu nya pusing trus meriang ya kebanyakan belajar…hehehe..

Share this post

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print