Previous
Next
def pic

Persiapan menjadi ibu

Katanya hamil itu nikmat dan menjadi momen paling menyenangkan bagi perempuan, karena yang terbayang kita akan dimanja oleh suami.Diperhatikan lebih, menjadi pusat perhatian dari berbagai lingkungan, baik saat di kendaraan umum ibu hamil mendapat kursi prioritas, dalam antrean, saat naik lift, dan lain-lain. Tidak hanya itu tentunya euphoria dalam menyambut si buah hati pun menjadi sesuatu hal yang indah untuk dibayangkan. Memang benar proses kehamilan merupakan hal yang sangat menyenangkan bagi perempuan, apalagi mendapatkan perhatian lebih dari suami dan juga keluarga. Rasa tak sabar ingin segera menggendong dan mencium si buah hati pun menjadi hal yang mengharukan hingga menitikan air mata.

Namun, ternyata ada banyak hal yang harus disiapkan oleh calon ibu sebelum berubah peran menjadi ibu yang sesungguhnya. Pertama, proses kehamilan merupakan sesuatu yang luar biasa sehingga tidak bisa dianggap sepele/mudah setiap hal yang kita lakukan menjadi lebih dari biasanya. Pertama, kondisi badan selama menjalani kehamilan tidak sama dengan kondisi biasanya, kadang saat bangun tidur ibu hamil dihadapkan dengan perasaan tidak enak badan, sedikit demam, flu, dan tidak jarang badan terasa nyeri. Proses kehamilan pun ikut mempengaruhi kondisi hormonal dalam tubuh, tidak jarang ibu hamil menjadi lebih sensitif dan kondisi emosi menjadi naik turun. Hal ini tentunya menjadi tantangan bagi ibu hamil untuk tetap stabil dan tetap happy dalam menjalani 9 bulan kehamilannya.

Ibu hamil juga harus ekstra menjaga pola makan dan asupan gizi dari makanan yang dikonsumsi. Perasaan tidak ingin makan/mual kerapkali muncul dan ibu harus berusaha untuk tetap makan untuk memenuhi nutrisi bayi dalam kandungan. Perkembangan anak tidak dimulai sejak anak dilahirkan, tetapi mulai sejak perkembangan janin didalam perut. Jadi, sejak dinyatakan hamil calon ibu harus belajar untuk tidak lagi memikirkan kebutuhan dirinya sendiri tetapi untuk kebutuhan anak. Hal-hal yang dijabarkan diatas tidaklah mudah untuk dijalani dan membutuhkan proses. Menjadi seorang ibu butuh kesiapan baik secara mental untuk menjalani proses kehamilan, dan finansial ketika bayi lahir tentunya membutuhkan banyak biaya.

Yang tidak kalah penting lainnya adalah mempersiapkan finansial dengan matang bersama suami, proses melahirkan akan membutuhkan banyak biaya, perawatan bayi dan kebutuhannya pun membutuhkan banyak biaya. Tentunya sebagai calon orang tua kita tidak boleh lapar mata dan harus lebih bijak dalam mengolah keuangan kita, dan menentukan gaya hidup dan pola pengasuhan anak kelak yang sesuai dengan kemampuan finansial keluarga. Selamat menjalani proses perubahan peran bagi yang sedang menjalaninya ❤️

Share this post

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print