Previous
Next

PIE x Pustakalana Library Book Review: Little People, BIG DREAMS

Picture by: World Book Day

Judul Buku: Little People, BIG DREAMS
Penulis: Maria Isabel Sánchez Vegara
Rekomendasi Usia: 5+

Tanggal 8 Maret setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Perempuan Sedunia. Untuk merayakannya, yuk kita berkenalan lebih lanjut dengan para tokoh perempuan inspiratif melalui buku-buku Little People, BIG DREAMS! Seri ini menghadirkan cerita tentang tokoh-tokoh dunia yang telah sukses dalam berbagai bidang. Karena memang ditujukan untuk anak, cerita dalam semua bukunya ditulis dengan ringkas, sederhana, dan dilengkapi ilustrasi yang menarik.

Kali ini, Pustakalana akan membahas 9 buku dari seri ini yang menceritakan kisah 9 perempuan hebat dalam berbagai bidang. Ada yang sukses menjadi penulis, ilmuwan, aktivis, aktris, dan sebagainya. Meskipun profesi yang digeluti berbeda-beda, mereka semua memiliki kesamaan yaitu harus melalui perjalanan hidup yang tidak mudah, yang salah satunya disebabkan karena mereka perempuan!

Namun, mereka juga sama-sama tidak menyerah dalam menghadapi rintangan yang dihadapi dan akhirnya berhasil meraih yang mereka impikan. Keren sekali, ya! Yuk cari tahu lebih lanjut kisah hidup kesembilan perempuan hebat ini! Adakah yang sudah kamu kenal sebelumnya dan menginspirasimu?

  1. Marie Curie
Marie Curie (Little People, BIG DREAMS, 6): Sanchez Vegara, Maria Isabel,  Isa, Frau: 9781847809629: Amazon.com: Books

Sejak kecil, Marie Curie sudah memiliki mimpi untuk menjadi seorang ilmuwan. Meskipun ia sempat tidak boleh bersekolah karena perempuan, ia tidak tinggal diam. Ia akhirnya berhasil menjadi seorang ilmuwan yang penemuannya terus berguna bagi banyak orang hingga saat ini!

  1. Rosa Parks
Little People Big Dreams Rosa Parks /anglais: KAISER LISBETH:  9781786030177: Amazon.com: Books

Saat Rosa Parks masih kecil, kakeknya pernah bercerita kepadanya tentang perbudakan orang kulit hitam yang dialaminya. Lalu, Rosa juga akhirnya sering melihat dan mengalami sendiri ketidakadilan itu hanya karena ia berkulit hitam. Menghadapi hal ini, ia tidak tinggal diam dan terus bekerja keras menjadi aktivis yang memperjuangkan kesetaraan.

  1. Maya Angelou
Maya Angelou: 4 (Little People, Big Dreams): Amazon.co.uk: Kaiser, Lisbeth,  Salaberria, Leire: Books

Masa kecil Maya Angelou terbilang cukup sulit karena ia sering mengalami ketidakadilan dan juga kekerasan dari orang lain. Namun, pada akhirnya ia dapat melewati segala rintangan itu dan menggapai mimpi-mimpinya. Maya menuangkan kisah hidupnya ke dalam tulisan yang berhasil menginspirasi banyak orang untuk terus berani bermimpi.

  1. Audrey Hepburn
Audrey Hepburn (Little People, BIG DREAMS, 7): Sanchez Vegara, Maria  Isabel, Arrazola, Amaia: 9781786030535: Amazon.com: Books

Kehidupan masa kecil Audrey Hepburn tidaklah semenyenangkan yang dibayangkan banyak orang. Ia lahir saat perang sedang terjadi, yang membuatnya sering hidup dalam kelaparan. Saat sudah berhasil mewujudkan mimpinya menjadi penari dan aktris papan atas, ia pun terus membantu banyak anak di seluruh dunia agar tidak kelaparan dan bisa menjadi lebih bahagia.

  1. Emmeline Pankhurst
Emmeline Pankhurst: 8 (Little People, Big Dreams): Amazon.co.uk: Kaiser,  Lisbeth, Sanfelippo, Ana: Books

Walaupun terlahir dari keluarga yang berada, Emmeline Pankhurst tetap banyak merasakan ketidakadilan hanya karena dirinya perempuan. Ia tidak boleh melakukan hal-hal seperti belajar dan bekerja. Karena ingin mengubah hal ini, Emmeline lalu memutuskan untuk menjadi seorang aktivis yang memperjuangkan hak-hak para perempuan di Inggris.

  1. Coco Chanel
Coco Chanel: My First Coco Chanel (Little People, BIG DREAMS, 1): Sanchez  Vegara, Maria Isabel, Albero, Ana: 9781786032454: Amazon.com: Books

Sejak Coco Chanel masih kecil dan tinggal di panti asuhan, ia sudah senang menjahit dan menghasilkan berbagai karya. Sejumlah orang memang menganggap hobinya ini aneh, tapi ia terus saja melakukan kesenangannya ini. Berawal dari hobi, ia akhirnya berhasil membuka toko pakaian dan menciptakan tren mode sendiri yang disukai oleh banyak orang.

  1. Frida Kahlo
Frida Kahlo: 2 (Little People, Big Dreams): Amazon.co.uk: Maria Isabel  Sanchez Vegara: Books

Perjalanan hidup Frida Kahlo, seorang seniman wanita asal Meksiko tidaklah mudah. Sejak kecil ia sudah sering sakit dan juga pernah mengalami kecelakaan. Ia lalu mengatasi kekurangan dirinya itu dengan banyak menghasilkan karya seni berupa lukisan. 

  1. Amelia Earhart
Amelia Earhart (Little People, BIG DREAMS (3)): Sanchez Vegara, Maria  Isabel, MARIADIAMANTES: 9781847808882: Amazon.com: Books

Sewaktu masih anak-anak, Amelia Earhart pernah bermimpi agar suatu hari ia bisa memiliki sayap dan terbang tinggi. Ia lalu berusaha mewujudkan mimpinya itu dengan belajar mengemudikan pesawat hingga akhirnya menjadi pilot perempuan pertama yang berhasil terbang sendiri menyeberangi Samudra Atlantik.

  1. Agatha Christie
Agatha Christie: 5 (Little People, Big Dreams): Amazon.co.uk: Sanchez  Vegara, Isabel, Munso, Elisa: Books

Agatha Christie tumbuh dengan hobi membaca dan selalu memiliki imajinasi tinggi untuk mengarang cerita. Selepas menjadi perawat prajurit perang, ia lalu mulai menulis berbagai kisah misteri seru dan terkenal yang disukai jutaan orang hingga kini.

Bagaimana? Inspiratif sekali bukan! Sebagai perempuan, kita jangan sampai berkecil hati dan harus selalu semangat dalam mewujudkan mimpi-mimpi yang kita punya! Menjadi perempuan bukanlah alasan untuk kita berhenti bermimpi, kita bisa menjadi sehebat para tokoh di atas juga lho, atau bahkan lebih hebat!