PIE x Pustakalana Library Book Review: World Book Day

Buku adalah sumber pengetahuan dan informasi, kebijakan, pengalaman berharga, dan hiburan. Perpustakaan berperan penting sebagai tempat yang menyediakan segudang manfaat buku. Maka, dalam rangka merayakan Hari Buku Sedunia (World Book Day) pada 23 April, berikut adalah review dari tiga picture book bertema perpustakaan dan buku untuk meningkatkan minat baca si kecil! 

  1. Library Lion

Penulis                       : Michelle Knudsen

Ilustrator                    : Kevin Hawkes

Rekomendasi Usia    : 4+ tahun

Buku ini bercerita tentang seekor singa yang gemar mengunjungi perpustakaan. Kepala perpustakaan tersebut adalah Miss Merriweather yang selalu mengutamakan pentingnya menaati peraturan. Awalnya, pengunjung perpustakaan lainnya merasa takut karena seekor singa datang ke perpustakaan.

Namun, tidak ada peraturan yang melarang singa untuk berkunjung ke perpustakaan sehingga Miss Merriweather mengizinkan singa tersebut untuk datang jika ia mematuhi aturan perpustakaan.

Singa yang cinta dengan perpustakaan tersebut pun selalu berhati-hati untuk tidak membuat suara dan selalu mematuhi aturan selama di perpustakaan. Suatu hari terjadi sesuatu yang membuat singa mengaum, yang tentunya melanggar peraturan perpustakaan! Apa yang akan terjadi pada singa tersebut dan perpustakaan kesayangannya? 

2. Lola Loves Stories 

Penulis                       : Anna McQuinn

Ilustrator                    : Rosalind Beardshaw

Rekomendasi Usia    : 0-3 tahun

Buku ini menceritakan tentang Lola yang menemukan petualangan baru setiap pergi ke perpustakaan bersama orang tuanya. Ilustrasi yang menarik dalam buku ini akan menemani si kecil tenggelam dalampetualangan Lola melalui imaginative thinking

Kali ini, Ayah yang menemani Lola ke perpustakaan. Lola dan Ayah akan selalu membaca buku bersama, dan keesokan harinya, Lola menjadi karakter utama seperti buku yang ia baca!

Lola Loves Stories menunjukkan bahwa membaca buku memiliki banyak manfaat untuk si kecil dan orang tua juga, lho. Buku ini menunjukkan bahwa membaca akan meningkatkan imajinasi dan rasa penasaran anak. Selain itu, buku ini juga menekankan pentingnya parents involvement dalam mendukung minat baca anak. 

3. Bunny Loves to Read

Penulis                       : Peter Bently

Ilustrator                    : Deborah Melmon 

Rekomendasi Usia    : 5-6 tahun 

Bunny Loves to Read bercerita tentang seekor kelinci bernama Buster yang suka membaca buku lebih dari apapun. Namun, teman-teman Buster lebih memilih untuk bermain di luar daripada membaca buku karena mereka menganggap buku membosankan.

Tiba-tiba hujan turun, membatalkan rencana Buster dan teman-teman untuk bermain di luar. Buster meyakinkan teman-temannya bahwa membaca adalah kegiatan yang menyenangkan. Wah, ternyata, teman-teman Buster menyadari bahwa membaca buku akan memunculkan ide permainan yang tidak kalah menyenangkan menyenangkan meskipun hanya di rumah saja!

Buku ini menunjukkan bahwa membaca akan meningkatkan imajinasi dan kreativitas anak. Selain itu, buku ini memberikan ide untuk mengatasi rasa bosan si kecil harus stay at home dalam kondisi pandemi.

Temukan kelanjutan dari buku yang mengajarkan si kecil tentang betapa seru dan berharganya membaca dengan mudah melalui Pustakalana Grab and Go. Info selengkapnya mengenai Pustakalana Grab and Go dapat ditemui di:

bit.ly/pustakalanagrabandgo

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on facebook
Facebook
Share on email
Email