Previous
Next
Puasa-Uang-1200x750

PUASA PENUH = UANG

Hasil bertanya kepada 10 orang anak berusia 8 tahun.

Kalau bisa puasa penuh seharian, pengen nya dikasi apa sih ama Mama?

7 dari 10 anak menjawab dikasi uang

Mengapa anak-anak lebih memilih uang sebagai hadiah?

Apakah anda akan memberikannya?

Apakah uang adalah hadiah yang baik?

Apakah ini sudah menjadi tradisi keluarga sehingga sulit diubah?

Apakah ada pengganti hadiah selain uang?

Menurut saya, perihal memberikan hadiah berupa uang kepada anak-anak yang sedang berlatih puasa memiliki dua sisi. Tergantung dari cara pandang kita, dan bagaimana penjelasan kita kepada anak-anak. Cara pandang yang positif bisa diterjemahkan dalam penjelasan kepada anak. Berikut adalah beberapa alasannya :

  1. Untuk anak usia 8 tahun, yang baru mengenal lebih jelas tentang fungsi uang, nominal uang, berbelanja dengan uang. Tentunya mereka lebih bersemangat untuk mendapatkan hadiah uang, karena mereka memiliki kebebasan untuk berbelanja, memilih yang disukai.
  2. Di usia 8 tahun ini, saat anak-anak sudah harus berlatih lebih serius dengan puasa. Adanya iming-iming hal yang mereka sukai, dapat menjadi penyemangat. Namun tentunya nominal uang nya pun harus ditentukan. Jangan terlalu besar. Misal 20rb/ hari sudah cukup.
  3. Pemberian hadiah uang yang berlebihan, misal 100rb/ hari akan merusak esensi berpuasa
  4. Hadiah uang dapat membuat anak belajar untuk menggunakan uang nya dengan bijak. Berapa yang dibelanjakan, berapa yang akan disedekahkan, berapa yang akan ditabungkan. Di bulan ramadhan, jelaskan pada anak bahwa semua berlomba untuk berbuat kebaikan, salah satunya sedekah. Dengan uang yang mereka dapat, tanyakan berapa yg akan disedekahkan. Ingin membantu siapa, dengan cara apa.
  5. Jadi hadiah uang tidak selalu buruk, selama kita dapat mengontrol dan mengarahkan ke hal yang positif.
  6. Hadiah uang bisa menjadi buruk, bila orang tua tidak memberikan penjelasan di balik hadiah uang itu. Dan jumlah hadiah uang yang terlalu besar. Sehingga anak merasa bahwa harga berpuasa penuh adalah mahal dan harus selalu dikonversikan dalam uang banyak.
  7. Untuk anak usia di bawah 8 tahun, misal 5 tahun. Yang belum terlalu mengerti nominal uang dan cara berbelanja, uang mungkin kurang tepat dijadikan hadiah. Mungkin mereka akan lebih memilih hadiah mainan yang diingingkan.
  8. Untuk anak usia di atas 10 tahun, di saat anak (perempuan) sudah akil baligh, puasa menjadi kewajiban. Dan hadiah uang tidak menjadi keharusan. Jelaskan bahwa hadiahnya lebih indah daripada uang, yaitu berkah dari Allah SWT.
  9. Di Indonesia, mungkin bagi-bagi uang sebagai hadiah lulus puasa sudah menjadi tradisi. Kalau anda merasa tidak nyaman, tidak harus diikuti tradisi ini. Anda bisa mulai mengubahnya di keluarga anda sendiri.  Tapi kalau pun mau diikuti, sebagai orang tua yang melek finansial dan cerdas, maka penjelasan di balik hadiah uang harus benar
  10. Pengganti hadiah uang, banyak. Bisa jadi mainan, peralatan sekolah, alat musik, liburan, les tambahan yang diinginkan anak, hadiah berbuka di restoran yang disukai. Tergantung kreatifitas kita dalam mencari alternatif hadiah selain uang.

Parenting is easy, selama kita selalu memikirkan dengan baik alasan dan penjelasan dari setiap tindakan yang kita lakukan pada anak. Anak-anak jaman sekarang, sudah sangat kritis dan bisa diajak berdiskusi. Gunakan kesempatan itu dengan baik. Sehingga maksud dan tujuan yang kita harapkan dapat tercapai. Jadikan momen bulan Ramadhan, bulan seribu bulan, bulan penuh berkah ini kita isi dengan kegiatan yang positif. Jangan sampai hadiah uang merusak esensi dari puasa. Ingat bahwa hadiah hanya pemanis. Inti utama nya adalah berpuasa.

Share this post

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print