Previous
Next
WhatsApp Image 2019-03-21 at 15.04.06

Re-PLANNING the PLAN

Tahun baru

Rencana baru

Berjalan beberapa bulan

Kemudian berhenti

Rencana bubar

Diulangi lagi tahun depan

Apakah anda pernah merasakan hal yang sama? Sama dong 😉

Tidak ada yang sempurna, pasti kita pernah mengalami kekacauan dalam merencanakan, tapi setidaknya kita harus berbangga diri bahwa kita masih memiliki semangat untuk membuat rencana. Walaupun terkadang dalam menjalani nya ada berbagai rintangan.

Apa saja rintangan yang biasa dihadapi? Rasa bosan karena perubahan yang terjadi tidak berlangsung dengan cepat [ ingat bahwa segala sesuatu yang dicapai dengan waktu singkat, akan menghilangkan kebaikan manfaat dari menikmati proses nya ] , pengaruh lingkungan   [ teman yang baik adalah teman yang selalu mengingatkan pada kebaikan, jadi pilihlah lingkungan yang dapat memberikan pengaruh positif ] , perasaan terlalu nyaman dengan kondisi saat ini [ ingat bahwa tidak selamanya comfort zone adalah yang terbaik, sedikit ketidaknyamanan demi perubahan  positif patut dicoba ] , kurang nya keteguhan hati dan kekuatan niat [ the only one who can change your life is yourself ]

Jadi apa yang harus dilakukan saat rencana yang pada awalnya dibuat dengan penuh semangat, kemudian berantakan di tengah jalan?

  1. Jangan hilang semangat
  2. Rencana gagal, segera mulai lagi
  3. Jangan tunggu tahun depan untuk memulai rencana yang berantakan
  4. Mulai sesegera mungkin
  5. Jadikan yang telah terjadi sebagai pelajaran
  6. Tuliskan mimpi
  7. Ubah mimpi menjadi angka
  8. Saat mimpi menjadi angka, mimpi telah berubah menjadi tujuan
  9. Tentukan waktu pencapaian nya
  10. Kejar mimpi dengan rencana yang jelas

Sepuluh tahapan di atas adalah langkah-langkah re planning the PLAN, namun saat semua usaha telah dilakukan tapi hasilnya tidak sesuai dengan harapan kita, ingat bahwa manusia hanya bisa berencana, Allah SWT yang menentukan hasil akhirnya. Jangan mudah berputus asa dan hilang harapan, karena pasti rencana Allah adalah yang terbaik untuk kita.

Share this post

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print