Previous
Next
WhatsApp Image 2019-03-21 at 15.04.06(1)

Resolusi Tahun baru penting dalam parenting


Haloo, Tahun baru merupakan saat dimana kita semua menyiapkan perencanaan-perencanaan baru dan tidak lupa juga sebagai waktu yang tepat untuk menyusun resolusi parenting. Kita bisa menengok kembali dengan mengevaluasi apa saja yang sudah kita lakukan selama setahun yang lalu. Kalau ada beberapa hal yang belum tercapai tentunya akan menjadi fokus penggarapan di tahun yang akan datang.

Sebagai orang tua, kita dapat melihat kembali seperti :

Pencapaian kita dalam setahun terakhir khususnya dalam pengasuhan si buah hati. Apakah buah hati sudah mendapatkan kesempatan untuk melatih kemandiriannya di rumah?, Atau apakah ia sudah mampu melakukan toilet training? Apakah si kecil sudah mampu mengenal emosi yang ia rasakan dan mengekspresikan emosinya dengan baik?

Bahkan kita juga bisa mengulas kembali kira-kira adakah komitmen-komitmen yang belum terpenuhi, atau masih kurang konsisten di lakukan?. Misalnya, mungkin bagi ibu bekerja  memiliki komitmen untuk memasak mpasi atau menu makanan home made untuk si kecil. contoh lainnya, sebagai orang tua Ayah dan Bunda berjanji untuk langsung segera pulang setelah jam kerja untuk meluangkan waktu khusus bermain bersama buah hati.  Namun, ternyata kita masih sering tidak sungguh-sungguh menjalaninya sehingga hasilnya menjadi kurang optimal.

Dengan melakukan evaluasi kembali setiap target  yang sudah kita tetapkan kita dapat melihat seberapa jauh perubahan, atau dampak dari apa yang kita lakukan terhadap anak. Kemudian, jika ada beberapa yang masih belum tercapai Ayah dan Bunda juga bisa memodifikasi target atau lebih menyesuaikan dengan hasil evaluasi dan menyiapkan strategi baru atau cara yang lebih efektif. Ingat, pembuatan resolusi parenting untuk memacu kita atau sebagai panduan dalam mencapai target tentunya resolusi yang dibuat harus masuk akal, disesuaikan dengan situasi atau kemampuan anak dan juga waktu yang dibutuhkan pun harus diperhitungkan. Jadi pembuatan resolusi dan planning harus membantu Ayah dan Bunda bukan malah mempersulit atau membuat kita stress. Selamat membuat resolusi parenting

Share this post

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print