Previous
Next
23-juli-12.00-Hari-anak-Nasional2-1200x1200

SELAMAT HARI ANAK INDONESIA !!

By Cecilia Hermina Erfanie M.Psi

Halo Ayah dan Bunda.. di bulan Juli ini kita merayakan Hari Anak Indonesia. Pasti Ayah dan Bunda selama bulan Juli ini sudah banyak melihat berbagai macam kegiatan atau event yang dibuat untuk merayakan Hari Anak, seperti Mall2 banyak yang menyambut dan memperingati Hari Anak mengadakan perlombaan atau kegiatan: menggambar, mewarnai, lomba nyanyi, fashion show bahkan membuat acara hiburan. Tak hanya itu di sekolah-sekolah juga ramai membuat kegiatan untuk memperingati Hari Anak. Nah, sebenarnya “untuk apa memperingati Hari Anak? Dan apa tujuannya?”. Di Indonesia sudah di resmikan bahwa tanggal 23 Juli sebagai Hari Anak. Hari Anak diadakan untuk memperingati dan mengingatkan kita sebagai masyarakat  untuk merenungkan apa kira-kira yang dapat kita lakukan untuk mewujudkan dunia anak yang lebih baik.

Anak-anak kita adalah generasi penerus bangsa, sehingga kita sebagai orangtua bertugas untuk mengembangkan kemampuan dan bakat keterampilan yang dimiliki oleh anak-anak kita. Tidak hanya orangtua loh tetapi juga lingkungan masyarakat dan sekolah juga harus ikut berkontribusi untuk mengembangkan potensi yang dimiliki oleh seorang anak. Sebagai masyarakat kita menciptakan lingkungan yang aman, nyaman, bersih dan sehat untuk anak-anak kita kelak. Sebagai orangtua kita wajib mengajarkan nilai-nilai dasar seperti: sopan santun, tata krama, kejujuran, menghargai, kasih sayang dan juga nilai2 dasar agama. Hal-hal ini harus diterapkan kepada anak-anak kita sejak dini. Di sekolah anak-anak mendapatkan pendidikan yang meningkatkan kecerdasan dan wawasan yang berguna untuk kemajuan bangsa dan negara.

Wah, dengan memahami tujuan pemerintah Indonesia memperingati Hari Anak tentunya membuat kita sebagai orangtua menjadi lebih semangat untuk membimbing anak-anak kita selama proses tumbuh kembangnya. Orangtua memberikan kasih sayang, pemahaman nilai-nilai dasar dan juga pendidikan yang sesuai sehingga anak-anak kita berkembang dengan optimal. Dengan mengenali bakat dan potensi yang anak miliki dan memberikan kesempatan kepada anak untuk mengembangkan diri melalui kegiatan yang disukai merupakan bentuk sederhana dan dukungan orangtua terhadap hak yang dimiliki oleh anak.

Ayo Ayah dan Bunda kita berikan yang terbaik untuk anak-anak kita tidak hanya dengan memberikan fasilitas semata tetapi dengan cara yang sederhana meluangkan waktu untuk mengobrol, sharing dan menggali bakat dan cita-cita yang mereka miliki juga turut mendukung pemerintah dalam mewujudkan generasi penerus bangsa yang berkualitas dan berbakat. Selamat hari anak!!

Share this post

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print