Previous
Next
Selamat-Hari-Ayah-1200x800

Selamat Hari Ayah

Setiap tanggal 12 November, diperingati sebagai hari ayah nasional. Karena keberadaan ayah, di mata anak, sama kok pentingnya dengan keberadaan bunda.

Ayah bukan hanya sosok yang sibuk bekerja mencari uang, dan pulang untuk tidur lalu melepaskan setiap urusan anak ke tangan bunda. Ayah juga berhak mendapatkan kesempatan untuk menunjukkan cintanya kepada buah hati dengan pelukan, kecupan, hingga mengurusi berbagai kebutuhan anak.

Ayah juga berhak mendapatkan teriakan penuh semangat, dengan tangan terkembang, dari si bocah, setiap kali pulang kerja dengan tubuh dan hati yang Lelah. Ayah juga berhak menerima penghargaan, atas perannya mendukung optimalisasi tumbuh kembang anak.

Insting yang sama dengan bunda

Hal yang banyak terjadi adalah; Ayah sering merasa khawatir, bahwa dirinya tidak tahu caranya mengurus anak yang baru lahir. Meski sebetulnya penelitian menunjukkan bahwa pria juga punya respons hormonal untuk menjadi ayah. Termasuk peningkatan oksitosin, estrogen, prolactin dan glucocorticoids yang secara alami menciptakan rasa ingin terus memberikan perlindungan, kepada bayi.

So paternal instinct is as real as maternal instinct… (Dr Laura Markham)

Pentingnya peran ayah

Selain itu, dari berbagai penelitian ilmiah membuktikan:

  1. Anak dengan ayah yang terlibat secara positif dalam pengasuhan, ternyata lebih baik performanya di sekolah. menampilkan kesejahteraan jiwa yang lebih baik, dan tingkat kenakalan yang rendah.
  2. Salah satu faktor terpenting dalam pencapaian akademis anak perempuan, adalah rasa percaya ayah akan kemampuan dirinya.
  3. Anak yang merasa memiliki hubungan baik dengan ayah mereka, cenderung tidak mudah menggunakan narkoba.
  4. Anak yang merasa tidak mendapatkan penghargaan dari ayah mereka, akan lebih mudah mengalami rasa kecemasan.
  5. Ayah yang aktif dan nurturing saat mengasuh, berhubungan dengan kemampuan anak remajanya dalam kemampuan verbal, fungsi intelektual dan keberhasilan akademis.

Jadi kata siapa ngurus anak itu tugas ibu karena hanya ibu yang bisa membentuk attachment dan koneksi dengan anak? ayah juga punya kok dorongan alamiah tersebut. Maka, tenang saja ya, anak-anak juga membutuhkan dan menginginkan kehadiran ayah kok, dalam kesehariannya. Sebesar keinginan ayah untuk Bersama anak setiap saat…

Selamat hari ayah nasional 12 November 2017.

Share this post

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print